Minim Tenaga Kesehatan, Pustu Ngkaring-karing Belum Berikan Pelayanan Maksimal

BAUBAU, BP- Puskesmas Pembantu (Pustu) Ngakaring-karing tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat. Sebab, picu oleh minimnya ketersediaan tenaga kesehatan yakni dokter dan perawat.

Hal itu diakui Kepala Pustu Harfiah SST saat dikonfirmasi Baubau Post, Rabu (06/11). Tidak heran, jumlah tenaga kesehatan yang tersedia di Pustu Ngkaring-karing hanya sebanyak satu orang saja. Padahal jumlah ideal yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan minimal dua yakni satu dokter dan satunya perawat.

” Menurut saya jumlah kesehatan di Pustu Ngkaring-karing kurang sekali karena sendiriku, yang seharusnya ada perawat dan dokter,” jelasnya.

Belum lagi, ungkap Harfiah, jika dirinya menerima panggilan ke Puskesmas Bungi selaku induk Pustu Ngkaring-karing, maka otomatis pelayanan kesehatan di Pustu tersebut tidak dibuka.

” Karena kurangnya tenaga kesehatan jadinya pelayanan juga kalau menurut saya agak tidak maksimal karena kalau misalnya saya ada urusan di Puskesmas Bungi jadinya di Pustu tidak ada yang menjaga,” terangnya.

Olehnya itu, ia berharap akan adanya bantuan tenaga kesehatan di Pustu Ngkaring-karing, guna memaksimalkan sistem pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tutup. (#)

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest