Pemkab Buteng Matangkan Persiapan Hadapi Lomba P2WKSS Tingkat Sultra

LABUNGKARI, BP – Dalam rangka menghadapi lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) telah mematangkan persiapan penilaian.

Rapat evaluasi dan penilaian lomba P2WKSS tingkat Sultra itu, dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Buteng, Rabu (06/11). Dipimpin langsung Sekda Buteng H Kostantinus Bukide, didampingi Ketua Penggerak PKK Buteng Hj Jusniar Samahuddin dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sekda Buteng, H Kostantinus Bukide saat dikonfirmasi beberapa awak media usai rapat tersebut mengatakan, persiapan hingga saat ini telah mencapai 80 persen. Untuk rumah binaan disiapkan sebanyak 50 unit, yang diwakili Desa Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka.

“Tinggal beberapa rumah saja yang masih akan dicet, jadi saya minta kepada pengurus agar diselesaikan Minggu (10/11), sebab penilaian dilakukan Senin (18/11) mendatang,” jelasnya

Lanjutnya, dari 50 unit rumah binaan yang disiapkan, terdapat beberapa rumah ada yang kosong. Diamana, hal tersebut tidak diperbolehkan, sebab P2WKSS merupakan pembinaan terhadap pemiliknya, rumah hanya sebagai fasilitas saja.

“Pembinaan lebih kerumah tangga khsusnya ke perempuan, kita pemerintah sebagai penunjang saja. Tahun depan kita akan melarang itu,” tuturnya.

Dengan adanya lomba tersebut, Kostantinus berharap agar lomba ini bukan hanya sebagai seremonial saja, namun bisa menjadi gaya hidup dan kegiatan masyarakat lebih meluas, melalui desa Gumonano, Desa lain menjadi patron dari pada itu, sehingga tanpa melalui lomba Buteng bisa lebih maju.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest