Polres Baubau Tindak 1808 Pelanggar Selama Operasi Zebra

  • Tertinggi di Sultra

BAUBAU, BP – Operasi Zebra Anoa 2019 di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dimulai sejak 23 Oktober kini telah berakhir tanggal 5 November secara serentak. Khususnya di Polres Baubau, sebanyak 1808 pelanggar berhasil ditindak.

Kasatlantas Polres Baubau AKP Lesmana Pramudya Primajati menyebut, jika jumlah ini tertinggi di lingkup Polda Sultra. Didominasi oleh pelanggar pengendara roda dua dan pelanggaran kasat mata.

“Untuk jenis penindakannya, ada dua yakni giat stasioner di mana kita melihat dari anatomi kecelakaan titik rawan. Kedua kita melaksanakan sistem hunting, kita melihat pelanggaran kasat mata yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” katanya kepada awak media.

Pelanggar yang ditindak didominasi oleh pengendara roda dua sebanyak 1655. Sementara kendaraan roda empat sebanyak 153.

Sementara berdasarkan profesi, pelanggaran lalu lintas didominasi oleh karyawan swasta sebanyak 1366. Kemudian pelajar/mahasiswa sebanyak 370, PNS sebanyak 52, dan pengemudi sebanyak 14.

Melihat cukup tingginya pelanggar dari kalangan pelajar, pihaknya meminta agar orang tua dapat membentengi anaknya untuk berkendara. Utamanya bagi anak yang belum berumur 17 tahun atau belum memiliki SIM.

“Kita sudah melaksanakan sosialisasi kepada anak di bawah umur di sekolah, namun garda terdepan yang dapat membentengi untuk membatasi anak berkendara adalah orang tuanya, jadi kita selalu memberikan sosialisasi di sekolah,” jelasnya.

Jumlah pelanggar tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang berada di angka 1417. Meningkatnya jumlah ini kata Lesmana, dipengaruhi dua faktor yakni Polres Baubau menangani tiga kabupaten/kota (Baubau, Buteng dan Busel). Selain itu, jumlah kendaraan semakin lama semakin meningkat.

“Bisa setiap bulan ada 450 kendaraan bertambah di jalanan Kota Baubau,” sebutnya.

Untuk diketahui, jumlah pelanggar di lingkup Polda Sultra setelah Kota Baubau yakni, Kendari 1711 pelanggar, Konawe 1288 pelanggar, Muna 1041 pelanggar, Kolaka 1018 pelanggar, Ditlantas 943 pelanggar, Bombana 603 pelanggar, Konsel 516 pelanggar, Buton 382 pelanggar, Wakatobi 359 pelanggar, dan Kolaka Utara 311 pelanggar.

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest