Sekda Optimis Serapan Anggaran Baubau Capai 90 Persen di Akhir Tahun

BAUBAU, BP – Serapan anggaran Kota Baubau per 31 Oktober 2019 masih berada pada angka 60 persen. Meski tinggal dua bulan tahun 2019 berakhir, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau tetap optimis dapat meningkatkan serapan anggaran.

Hal itu diungkapkan Sekda Baubau Roni Muhtar saat ditemui belum lama ini. Pihaknya menargetkan serapan anggaran Kota Baubau dapat melebihi 90 persen.

“Kita optimis bisa mencapai di atas 90 persen dengan banyak upaya yang kita lakukan, termasuk monitoring, Insya Allah kita berusaha,” katanya.

Mengenai serapan anggaran yang masih 60 persen, menurutnya belum dapat diukur normal atau tidak normalnya, karena sesuai target yang ditetapkan. Pihaknya juga menyadari, jika serapan anggaran tidak akan bisa mencapai 100 persen, apalagi mengingat waktu yang semakin sempit.

“Paling tidak di masa akhir tahun ini, sudah di atas 90 persen, karena tidak mungkin akan 100 persen, itu obsesi kita,” tandasnya.

Roni juga belum bisa menyimpulkan, apakah serapan anggaran yang masih berada di angka 60 persen ini merupakan dampak dari tidak dibahasnya APBD Perubahan 2019. Namun pihaknya tetap optimis agar serapan anggaran lebih baik dari tahun 2018.

“Soal dampaknya belum diketahu karena kita belum jalani,” imbuhnya.

Untuk diketahui, total APBD Kota Baubau tahun ini mencapai Rp 957 miliar. Anggaran yang berhasil terserap berada di angka Rp 570 miliar, artinya masih ada sekitar Rp 387 miliar yang belum terserap.

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest