2020, Pembangunan Awal Pelabuhan Feri di Busel Mulai Dilaksanakan

BATAUGA,BP- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) terus menggenjot pembangunan sarana dan infrastruktur dasar diberbagai sektor sebagai bentuk pelayanan publik dalam menyosong kemajuan daerah yang baik dan merata di seluruh wilayahnya.

Salah satunya mempersiapkan pembangunan pelabuhan. Upaya Pemkab Busel ini untuk menjawab akan kebutuhan masyarakat atas modal transportasi sehingga dapat menghubungkan antara masyarakat kepulauan dan daratan.

Plt Bupati Busel H La Ode Arusani mengatakan, saat ini pemerintah terus berbenah, membangun infrastrukutur dasar sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta kemajuan pembangunan yang lebih merata diseluruh wilayah, salah satunya pembangunan pelabuhan. Salah satu skala prioritas pemerintah ditahun 2020 yakni membangun pelabuhan feri di Siompu dan Kadatua menghubungkan konektifitas antar wilayah daratan dan kepulauan.

“Ditahun 2020 kita berharap sudah bisa dibangun pelabuhan feri di Siompu dan Kadatua,” katanya saat ditemui belum lama ini dirujabnya.

Di tahun 2019 ini, kata Arusani dimulai pembangunan pelabuhan pelencengan di Bandar Batauaga, Kecamatan Batauga. Di tahun 2020, dibangun pelabuhan feri di Desa Karae, Kecamatan Siompu dan di Desa Banabungi Selatan, Kecamatan Kadatua.

Anggaran pembangunan awal pelabuhan feri tahun 2020 sebesar RP. 5 Miliayar yang diperuntukan untuk pematangan lahan dui tiap-tiap lokasi. Anggran tersebut bersumber dari APBN, selanjutnya ditahun 2021 juga disiapkan melalui Surat Berharga Syariat Negara (SBSN) juga menggunakan APBN sebesar Rp 30 miliar.

Saat ini Pemerintah Busel tengah proses percepatan perampungan sejumlah dokumen syarat kelengkapan pembangunan pelabuhan sesuai ketentuan.

“Kita berharap perencanaan ini sesuai target diharapkan Pemkab Busel dan dalam prosesnya nanti tidak ada kendala,” katanya.

Ditambahkannya, dalam perencanaannya pelabuhan tersebut akan terintegrasi dengan dermaga rakyat dan terminal angkutan darat yang ditempatkan tidak jauh dengan Pasar Rakyat di Kelurahan Bandar Batauga, Kecamatan Batauga.

“Kita berharap semua pembangunan infrastrukutur tersebut dapat memudahkan mobilisasi transportasi antara kecamatan, wilayah kepulauan dan daratan,” tukasnya.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest