Kelurahan Labalawa Wakili Lomba PKK-KB Kes Tingkat Sultra

BAUBAU, BP- Kelurahan Labalawa akan mewakili Lomba PKK-KB Kes di tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra). Untuk persiapan lomba, Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Baubau akan menerapkan sejumlah program peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, bekerjasama dengan PKK Kelurahan Labalawa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muchtar MPd dalam sambutannya, Kamis (07/11) meminta masyarakat yang berada di Kelurahan Labalawa agar mampu menekan angka kelahiran di wilayahnya.

“Dengan terobosan tema seakan-akan Kelurahan Labalawa ini merepresentasikan tentang tema ini bahwa mereka telah mampu menekan jumlah pertambahan kelahiran,” kata Roni saat memberikan sambutan.

Ia juga mengatakan, bahwa masyarakat yang berada di Labalawa ini sangat harmonis dan kerukunannya juga masih sangat kental.

” Karena hidup di lingkungan yang bersih, kehidupannya sejahtera karena jumlah pertumbuhan anak yang sedikit, lalu kerukunan masyarakatnya luar biasa,” uangkapnya.

Untuk giat lomba yang akan diselengarakan di Labalawa, Pemerintah Kota Baubau sangat mendukung sejumlah program yang telah direncanakan. Ia juga meminta kepada dinas terkait untuk mendampingi, khususnya mengenai laju pertumbuhan penduduk.

“Yang jelas bahwa pemerintah Kota Baubau sangat mendukung program ini, Baubau dalam laporan yang saya pernah baca sudah ada pada suasana yang agak kritis tentang pertumbuhan penduduk,” jelasnya.

Sementara itu, Kepada Dinas BPPKB Kota Baubau Suarmawati SSi MSi, menambahkan jika pihaknya berupaya maksimal dalam melakukan pendampingan di Kelurahan Labalawa, selaku perwakilan Kota Baubau di Kegiatan Lomba PKK-KB Kesehatan untuk di tingkat Provinsi.

” Empat indikator yang menjadi objek penilaian pada saat lomba PKK-KB Kesehatan ini yang pertama adalah peran PKK nya dalam implementasi 10 program PKK, kedua adalah PHBS dan ketiga adalah lingkungan bersih sehatnya, kemudian yang keempat adalah keikutsertaan masyarakat untuk ber KB, peran masyarakat kesehatan dan peran dasawisma,” tuturnya.

Suarmawati juga akan berusaha merubah Labalawa menjadi lingkungan yang bebas dari sampah, yang di mana armada pengangkut sampah belum menjangkau daerah tersebut.

“Saya ingin bahwa di Labalawa ini kita merubah prilaku atau merubah wajah Labalawa menjadi wilayah bebas dari sampah, kenapa acuanya saya yang pertama pelayanan armada sampah di Labalawa ini belum sampai di sini, jadi saya ingin menciptakan supaya bagaimana masyarakat memahami terkait dengan penanganan sampahnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan melibatkan sejumlah kader-kader di Labalawa, yang ada hubungganya dengan PKK dan KB, agar mereka dapat memahami empat progam yang akan dicanangkan oleh BPPKB Baubau.

“Untuk PKK- KB Kesehatan ini melibatkan kader dasawisma kemudian kader Posyandu, kemudian kader KB, Tribina, kader PLKB sub PPKB yang ada di kelurahan labalawa,” ulasnya.

Kegiatan ini di lakukan setiap tahun, agar memberikan pemahanman bagi masyarakat ataupun kader-kader yang ada di dalam kelurahan .

“Setiap tahun kegiatan lombah PKK-KB Kesehatan dilaksanakan saya berharap bahwa labalawa ini dapat mewakili sulawesi tenggara untuk di tingkat nasional,” pungkasnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest