Sultan Himayatuddin akan Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

  • Pemkot Bakal Gelar Haroa Spektakuler 20 November 2019

BAUBAU, BP- Perjuangan panjang pengusulan Sultan Himayatuddin atau Oputa Yi Koo sebagai Pahlawan Nasional kini membuahkan hasil. Presiden RI Joko Widodo telah menyetujui gelar prestisius itu disandang Sultan Buton ke-23 ini.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muchtar MPd mengatakan, saat ini Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH telah berangkat untuk memenuhi panggilan Presiden terkait tersebut. Olehnya masyarakat Kota Baubau perlu berbangga, karena ada putra daerah bergelar pahlawan nasional.

“Alhamdulilah, Insyah Allah Presiden RI akan memberikan anugrah yang tidak hanya masyarakat Buton yang bermukim di jazirah kepulauan Buton saja, tetapi seluruh orang Buton yang berada di Indonesia pasti akan bergembira, karena apa yang selama ini kita harapkan bahwa orang buton memiliki pahlawan nasional Alhamdulilah akan terwujud,” katanya saat membuka lomba PKK-KB Kesehatan di Kelurahan Labalawa, Kamis (07/11).

Menurut Roni, hasil dari perjuangan panjang ini merupakan kado terindah bagi masyarakat Buton di mana pun berada. Untuk itu Pemerintah Kota Baubau akan mengadakan syukuran.

“Ini hadiah terindah dari kita bersyukur, kita bahagiah dengan ini,” ucapnya.

Syukuran tersebut akan dikemas dalam acara haroa yang akan dirangkaikan dengan kegiatan Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) Asean VI di Kota Baubau yang rencananya akan digelar November 2019. Tidak tanggung-tanggung dalam haroa akbar ini, 1000 talang akan disiapkan sebagai bentuk rasa syukur.

“Dan pada tanggal 20 November nanti kita akan haroakan pada rangkaian acara FKMA ke-VI dan haroa ini spetakuler, talangnya kita akan susun sepanjang benteng keraton, masyarakat bisa datang dan bisa mencicipi makanan yang disajikan,” imbuhnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest