Selang Dua Hari, Puluhan Kios di Jembatan Batu Kembali Terbakar

  • Total Bangunan Ludes Capai 44 Unit

BAUBAU, BP – Kawasan Jembatan Batu Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio, Kota Baubau kembali dilanda kebakaran hebat Jumat (15/11) sekitar pukul 01.00 Wita dini hari. Dalam peristiwa itu, sekitar 26 bangunan yang terdiri kios dan tempat tinggal ludes dilalap si jago merah, hingga rata dengan tanah.

Mayoritas bangunan yang bermaterial kayu, menyebabkan api dengan cepat merambat. Para pemilik kios berupaya menyelamatkan barang berharga maupun barang dagangannya yang terdiri dari sembako dan barang kebutuhan lainnya.

Salah satu korban kebakaran Lasima mengaku, dirinya mengetahui adanya api ketika diberitahu oleh seorang perempuan. Dia kaget melihat api sudah mulai membesar.

Kondisi kios di kawasan Jembatan Batu rata dengan tanah pasca-kebakaran

“Kejadian sekitar jam 1 lewat, setelah datang dari laut saya sedang duduk-duduk, kemudian tidak lama mbak-mbak muncul katanya ada api, pas saya pergi lihat padahal api sudah naik,” katanya kepada sejumlah media.

Saat melihat api membesar, Lasima langsung menyelamatkan diri. Tidak ada yang dapat diselamatkan, hanya pakaian di badannya saja. Meski begitu dirinya belum dapat memastikan sumber api yang menghanguskan puluhan bangunan di Jembatan Batu.

“Kerugian juga kami belum tahu, tapi untuk jumlah kebakaran itu menurut RT yang melakukan pendataan di lapangan ada 26 kios,” jelasnya.

Lasima juga menyebutkan, terdapat orang yang tinggal di dalam kios. Namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu.

Pihaknya berharap ada bantuan dari Pemerintah Kota Baubau untuk dapat menyambung hidup mereka pasca-kebakaran. “Supaya kita bisa hidupi anak-anak kita ini yang masih sekolah dari seragam sekolahnya, kemudian buku-buku yang terbakar semua,” harapnya.

Petugas pemadam kebakaran di lokasi berjibaku berusaha memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran lalu lalang di lokasi kejadian untuk mengisi persediaan air. Sekitar dua jam kemudian api berhasil dikendalikan.

Sementara masyarakat memadati lokasi kejadian, ada yang membantu menyelamatkan barang, memadamkan api, hingga terdapat beberapa orang yang mengabadikan peristiwa itu dengan kamera ponselnya.

Dua hari sebelumnya, pada Rabu (13/11) puluhan kios dan bangunan di kawasan Jembatan Batu juga terbakar dilahap api sekitar pukul 10.00 Wita. Total bangunan yang terbakar saat itu mencapai 18 unit, terdiri dari kios dan tempat tinggal.

Dalam kejadian itu, Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse turun langsung ke lapangan. Dirinya meminta Dinas Sosial proaktif mendata warga yang rumah dan tempat usahanya terbakar, sehingga bantuan dapat segera disalurkan.

Jika ditotal, jumlah bangunan di kawasan Jembatan Batu yang ludes terbakar dalam waktu dua hari ini mencapai 44 unit.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest