8 Puskesmas di Bombana Bakal re-Akreditasi

BOMBANA, BP- Dalam upaya mendorong peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Puskesmas, sebanyak delapan Puskesmas di Kabupaten Bombana kini tengah bersiap menghadapi tim penilaian dari Komisi Akreditasi Fasilitasi Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana dr Sunandar saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu (20/11).

Adapun kedelapan Puskesmas yang dimaksud yakni Puskesmas Rarowatu, Puskesmas Poleang selatan, Puskesmas Rumbia tengah, Puskesmas Tontonunu, Puskesmas Rarowatu utara, Puskesmas Poleang tengah, Puskesmas mataoleo, dan Puskesmas Poleang tenggara.

Dijelaskannya, dalam penilaian FKTP terbagi atas dua gelombang. Untuk gelombang pertama sudah dilaksanakan sejak Senin lalu, dua diantaranya sudah dilakukan survey yakni Puskesmas Rarowatu, di Desa Taubonto, Kecamatan Ratowatu dan Puskesmas Poleang selatan, di Kelurahan Kampung baru, Kecamatan Poleang selatan. Kemudian, akan menyusul Puskesmas Rumbia Tengah dan Puskesmas Tontonunu.

” Puskesmas Rarowatu dan Poleang Selatan sudah selesai survey siang ini, sedangkan Puskesmas Rumbia Tengah dan Puskesmas Tontonunu direncanakan penilaiannya akan dilakukan besok,” tuturnya.

Lanjut, untuk gelombang kedua nanti akan menyusul empat Puskesmas lainnya yakni Puskesmas Rarowatu utara, Puskesmas Poleang tengah, Puskesmas mataoleo, dan Puskesmas Poleang tenggara.

Sunandar menambakan, prosesi penilaian kedelapan Puskesmas tersebut akan rampung di bulan Desember dan untuk hasil akhirnya pihak Puskesmas menunggu pengumuman dari Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI.

” Saya harap semoga kedelapan Puskesmas ini bisa lulus semua dengan hasil yang baik,” pungkasnya.

Peliput : Agus Saputra

Pin It on Pinterest