Dr HAS Tamrin: Bandara Betoambari Akan Berganti Nama Menjadi Bandara Himayatuddin

  • Pemkot Berupaya Memperpanjang Landasan Bandara Genap 2000 Meter

BAUBAU, BP- Pemerintah Baubau akan berupaya memperpanjaang Bandara Betoambari agar pesawat boing yang ada di Indonesia bisa masuk di Baubau. Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH mengatakan Bandara Betoambari sekarang lagi tahapan pembenahan perpanjang landasan.

Selain itu Pihaknya juga berencana akan menganti nama Bandara Betoambari menjadi nama pahlawan nasional yang sudah ditetapkan Presiden RI Ir Jokowi

“Karena sudah ada pahlawan nasional nanti kita namakan Bandara Sultan Himayatuddin. Jadi kita bandara Sultan Himayatuddin,” ucapnya.

Walikota mengakui keterbatasan sarana dan prasarana transportasi udara. Sehingga harus diterobos misalnya dengan segera memperpanjang landasan pesawat, “Landasan bandara kita perpanjang terus, sebelumnya panjang landasannya 1600 meter, sekarang sudah 1800 meter dan kedepan kita mau tambah lagi menjadi 2000 meter. Nanti setelah itu bisa bombardir ditambah lagi untuk bisa masuk pesawat jenis boing,” katanya kepada media ini.

Dengan masuknya pesawat jenis boing, Lanjut, membuat penerbangan bisa langsung di daerah tujuan tanpa harus transit di daerah lain untuk mengganti pesawat.

“Karena masuknya boing itu sudah kesepakatan dengan maskapai-maskapai penerbengan seperti Garuda mungkin sudah bisa membuka linknya dari sini langsung ke Ambon bahkan dari sini langsung ke Jakarta,” ungkapnya

Pihaknya juga akan mencobah memsukan program pemerintah provinsi untuk bisa membuat perpanjagan landasan penerbangan dan ini akan dilakukan secara bertahap.

“Makanya pelan-pelan sesuai dengan kemampuan kita. Tetapi meskipun kemampuan kita terbatas, kita sinergikan dengan program-program provinsi apa yang bisa dikerjakan bandaranya dan kita pembebasan tananya,” jelasnya

Dalam program provinsi itu misalnya kita memintah untuk penambahan ketebalan aspal di bandara dikarenakan aspal yang ada di bandara sudah mulai menipis.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest