Masyarakat Pertanyakan Aduan Pencurian Pipa Pembatas Jembatan Desa Bubu Barat

  • Sakaria: Jika Tidak Diproses Saya akan Melapor Kepolres Muna

Buranga, BP- Terkait dugaan Pencurian besi pipa pembatas jembatan di Desa Bubu Barat, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara (Butur) membuat warga setempat mengambil langkah untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian wilayah hukum Polsek Bonegunu.

Salah satu warga Desa Bubu Barat, Sakaria saat di wawancarai Baubau Post Beberapa waktu lalu mengaku, telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

“Saya sudah melaporkan kepihak keamanan terkait pencurian Besi pipa jembatan Bubu Barat,” katanya.

Dikatakan, awalnya ia sudah melaporkan kasus tindak pidana pencurian besi pipa jembatan tersebut kepada pihak kemanan terdekat yakni Pospol Kambowa, laporanya sudah di terima secara langsung oleh anggota Pospol Kambowa, namun dalam laporan tersebut tidak di tulis nomor LP nya. Beberapa hari kemudian anggota Pospol Kambowa mendatangi Sakaria dan menyuruhnya untuk membuat pengaduan langsung ke Polsek Bonegunu.

“Sebelumnya saya sudah melapor kepihak Pospol kambowa terkait pencurian besi pipa Jembatan tersebut, di terima tapi tidak tercantum nomor LP nya. Tapi beberapa hari kemudian anggota dan Pospol Kambowa mendatangi saya,dan menyuruh untuk melapor langsung ke Polsek Bonegunu,”ujarnya.

Lanjut dikatakan, jika kasus pencurian yang meresahkan warga tersebut tidak proses lanjut oleh pihak Polsek Bonegunu, ia berencana akan melapor secara langsung ke Polres Muna, guna mendapatkan kepastian hukum.

“Jika kasus ini tidak di proses saya akan melapor lansung ke Polres Muna,”katanya.

Sementara itu, Bupati buton utara Drs. H. Abu Hasan angkat bicara terkait pencurian besi pipa jembatan di Bubu Barat. Ia berharap kepada pihak keamanan untuk bekerja secara profesional dalam menjalankan tugas apalagi pencurian besi pipa Jembatan tersebut merug ikan orang banyak dan merugikan Negara.

“Saya berharap kepada pihak keamanan, Polisi agar bekerja secara profesional, karena ini merugikan orang banyak dan Negara,”katanya saat di temui usai melantik anggota BPD di kelurahan Kambowa, Kamis (21/11).

Untuk di ketahui besi pipa jembatan tersebut di potong-potong di belakang bekas kantor jaga wana yang di duga menjadi tempat tinggal kepala desa dan seorang warga Desa Bubu Barat.

Kapolsek Bonegunu Ipda Sunarton Hafala, SH saat dimintai keterangan terkait persoalan kepastian aduan kasus dugaan pencurian tersebut membenarkan jika dirinya menyampaikan kepada pengadu untuk membuat surat aduan, sehingga pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait kebenaran dugaan pencurian tersebut, serta melakukan pemerikasaan terhadap para saksi yang mengetahui hilangnya pipa pembatas jembatan Desa Bubu Barat.

” Kenapa saya sampaikan kemarin untuk bikin surat aduan supaya kami lakukan penyelidikan dulu kita periksa orang-orang yang tau mengenai hilangnya pipa itu, apabila dalam hasil penyelidikan kami bisa kita naikan status dari penyelidikan ketingkat penyidikan,” kata Sunarto saat di konfirmasi via Seluler.

Dan jika aduan tersebut telah dinaikan statusnya penyidikan, maka kasus akan lanjut ketahap selanjutnya. ” Dan kalau sudah kita naikan kepenyidikan otomatis kasus hilangnya besi itu, kita proses lanjut,” ungkapnya.

Peliput : Kasrun

Pin It on Pinterest