November 2019, Delapan JPTP Diseleksi Terbuka

BATAUGA,BP-Sedikitnya ada delapan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) akan diseleksi terbuka pada November 2019. Saat ini, kedelapan jabatan tersebut masih diisi Pelaksana Tugas (Plt).

La Ode Fimran Hamza, selaku Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) JPTP Busel, sekaligus menjabat Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Busel mengatakan, rencana seleksi terbuka JPT Pratama Pemkab Busel nomor B-3719/KASN/11/2019 tanggal 5 November 2019, sesuai SK persetujuan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Delapan JPTP diseleksi terbuka untuk menduduki Dinas Kesehatan, Badan Keuangan Daerah, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Sosial, dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Seleksi terbuka JPTP tersebut, kata Firman Hamza merupakan satu kepatuhan pemerintah daerah Busel terhadap mekanisme kententuan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, PP nomor 11 tahun 2017, tentang manajemen PNS, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka.

Tim Pansel Daerah terdiri dari Ketua Sekda, Sekretaris Kepala BKPSDM, perwakilan perguruan tinggi, masyarakat yang memahami tentang manajemen PJPT bisa dari tokoh budaya, pensiunan eselon II. Hal itu sesuai PP 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN.

“Yang jelas tim Panselda memiliki pemahaman soal kompetisi sosial kultural dan kompetensi manajerial JPTP,” katanya.

Lanjutnya, dalam proses seleksi oleh Tim Panselda ouputnya akan mengerucut pada tiga nama terbaik. Kemudian ketiga nama tersebut akan diserahkan ke Bupati, dan selanjutnya bupati memilih salah satu untuk menduduki jabatan JPTP.

“Pansel tidak memiliki kewenangan mengintervensi hak preoregatif bupati. Bupatilah yang menentukan sendiri JPTP-nya dalam membantu percepatan perwujudan pembangunan dan visi misi Busel beradat,” katanya.

Syarat dalam seleksi terbuka, calon JPTP memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan. Sedang atau pernah menduduki jabatan administrator atau jabatan fungsional ahli madya sekurang-kurangnya dalam jabatan paling singkat dua tahun. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.

“Tim Panselda hanya memastikan proses seleksi JPTP ini berjalan sesuai mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan, sehingga dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” ujarnya.

Diketahui, sesuai jadwal pendaftaran dan penerimaan berkas 15 hari kalender. Dimulai dari 11 November hingga 25 November 2019, Kemudian pemeriksaan dan seleksi administrasi dua hari kalender 26-27 November. Sementara pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 28 November 2019.

Di 29 November 2019 jadwal seleksi penulisan dan presentase makalah. Selanjutnya tanggal 2 Desember hingga 3 Desember merupakan jadwal wawancara akhir (Kompetensi Manajerial, Kompetensi Bidang, Kompetensi Teknik, Kompetensi Sosial Budaya).

Selanjutnyanya tanggal 4 Desember jadwal pengumuman hasil penulisan dan presentase makalah. Sehari kemudian atau tanggal 5 Desember 2019 merupakan jadwal pengumuman akhir hasil seleksi.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest