Gubernur Ali Mazi Serahkan DIPA 2020 Ke 463 Satuan Kerja

KENDARI, BP – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran 2020 secara simbolis Kepada 15 Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Kementrian dan Lembaga serta daftar Alokasi Khusus Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2020 kepada para bupati di 17 Kabupaten/Kota.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang BallRoom Hotel Claro, Jumat, (29/11) dihadiri seluruh Forkopimda Sultra, Bupati/Walikota se-Sultra, Pimpinan DPRS Sultra, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, dan Perwakilan Kementrian Lembaga Vertikal. Kemudian, kegiatan penyerahan DIPA dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sultra Semester II Tahun2019.

Dalam sambutannya, Kepala Ditjen Perbendaharaan Sultra Arif Wibawa mengatakan bahwa penyerahan DIPA 2020 dan daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dilaksanakan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Hal ini diharapkan agar satuan penerima DIPA nantinya bisa sesegera mungkin mempersiapkan pengadaan dan melakukan pencairan lebih awal.

” Hal tersebut karena belanja pemerintah merupakan instrumen vital dalam rangka stimulus dan menggerakkan perekonomian diselutuh pelosok indonesia, khususnya di Provinsi Sultra. DIPA 2020 untuk Provinsi Sultra, diperuntukan bagi 463 satuan kerja dari 43 Kementrian/Lembaga,” ungkap Arif Wibawa.

Ditambahkan, Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan bahwa anggaran ini dapat dilaksanakan secepat mungkin secara efektif dan efisien, diikuti dengan prinsip kehati-hatian serta dilakukan secara cermat sehingga kedepannya dapat memperlihatkan Trend Serapan Anggaran dan Progres Pembangunan secara nyata.

” Berkaitan dengan Dana TKKD, Sultra mendapatakan lokasi anggaran sebesar Rp 17,68 triliun. Jumlah tersebut cukup besar, dan apabila dimanfaatkan sebaik-baiknya kita harapkan dapat memberikan kemajuan yang berarti bagi pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat di pedesaan,” ungkap Ali Mazi.

Mewakil Mentri Keuangan, Kepala Perwakilan Ditjen Perbendaharaan Sultra Arif Wibawa menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sultra atas keberhasilannya karena telah meraih lima kali Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Daerah Provinsi Sultra.

” Kategori opini ini sangat penting karena akan mempengaruhi evaluasi oleh Kementrian keuangan dalam menyusun Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa, termasuk Reward dan Punishment,” urai Arif Wibawa pula.

Peliput : Risnawati

Pin It on Pinterest