Hadiri Ritual Picundupia, Ali Mazi Minta Pemkab Buton Lestarikan Budaya

PASARWAJO, BP – Mengahadiri ritual picundupia, Gubernur Sultra Ali Mazi meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, agar merawat dan melestarikan kebudayaan yang ada di Buton.

Hal itu dikatakannya langsung pada pembukaan pesta adat (picundupia -red) yang dilaksanakan dipantai Wajo, Takimpo Kelurahan Pasarwajo Kabupaten Buton, Minggu (01/12).

Orang nomor satu di Sultra ini sangat mengapresiasi Pemkab Buton karena telah memberi ruang untuk melaksanakan kegiatan adat tersebut berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya Ali Mazi meminta kepada Pemkab untuk melakukan perbaikan dan penyediaan sarana, prasarana. Karena menurutnya, penyediaan itu perlu dilakukan untuk prosesi ritual adat, sehingga kedepannya terlihat sakral dan terpelihara.

”Kepada Pemda itu perlu dilakukan perbaikan, rehab tempat pelaksanaanya sehingga dalam pelaksanaan ritual adatnya terlihat lebih sakral. Karena ini adat dan budaya harus betul-betul terpelihara,” pintanya.

Dikesempatan yang sama, ia juga meminta kepala Dinas Pendidikan Provinsi untuk memberikan perhatian khusus, membuat kegiatan pengembangan agar ritual tersebut menjadi ikon budaya yang ada di Kabupaten Buton. Kegiatan ritual semacam ini terus dipertahankan dan dikembangkan sehingga menjadi potensi wisata.

“Kembangkan sehingga jadi ikon kabupaten Buton. Ini tradisi yang ditinggalkan leluhur, jadi ini potensi yang sangat luar biasa,” terangnya.

Peliput : Asmaddin

Pin It on Pinterest