F.3.1 Bupati Butur Abu Hasan tengah memencet sirine sebagai tanda mulai dinyalakannya aliran listrik PLNBupati Butur Abu Hasan (tengah) memencet sirine sebagai tanda mulai dinyalakannya aliran listrik PLN

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Mimpi masyarakat Kecamatan Wakorumba Utara (Wakorut) di Kabupaten Buton Utara (Butur) untuk menikmati listrik PLN akhirnya terwujud. Tercatat, perusahaan listrik milik negara area Baubau telah menyambung 12 desa dari kecamatan tersebut.

Mulai dialirinya listrik milik PLN itu ditandai dengan pemencetan serine oleh Bupati Butur Abu Hasan bersama Manager PLN Area Baubau Arif Budi Kurniawan, pada acara peresmian menyalanya listrik itu. Acara tersebut ikut dihadiri pula ratusan masyarakat setempat, Rabu (1/11).

Pada acara itu, Abu Hasan mengatakan, pihak PLN telah menempati janjinya mengaliri listrik di Kecamatan Wakorut.

“Penantian listrik ini sudah dinanti warga Wakorut cukup lama. Butuh 72 tahun. Semua aspek kebutuhan butuh energi listrik, pendidikan, kesehatan, perdagangan, ekonomi dan lain sebagainya,” katanya.

Pria berkacamata itu berharap, masyarakat Wakorut bisa manfaatkan listrik ini dengan sebaik-baiknya. Bisa disenergikan untuk mendukung produksi pertanian, perkebunan dan perikanan yang belum maksimal pengelolaanya.

Selain itu, dimanfaatkan sebagai peluang membuka usaha kecil dan menengah. Dimana, Wakorut sendiri terkenal dengan hasil pertaniannya.

Sementara itu, Manager PLN Rayon Baubau, Arif Budi Kurniawan memaparkan, pemerintah melalui PLN terus menyasar daerah yang belum tersentuh listrik. Pemerataan pelayanan listrik sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Oleh karena itu, tegangan listrik yang masuk ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” harapnya. (*)