Mati Mesin di Perairan Kapota, KM Usaha Baru Berhasil Dievakuasi

WAKATOBI, BP – KM Usaha Baru rute Lasalimu-Wanci yang mengalami kerusakan mesin disekitar perairan Kapota Kecamatan Wangi-Wangi Selatan (Wangsel) Kabupaten Wakatobi berhasil dievakuasi dengan menggunakan bantuan KM Azhar menuju Pelabuhan Wanci.

Hal ini berdasarkan informasi Humas Badan Sar Kendari Wahyudin, Senin (02/12). Disebutkan, pada pukul 13.20 Wita ia menerima laporan masuk dari pemilik kapal KM Usaha Baru Muhidin bahwa pukul 12.30 Wita kapal penumpang dengan rute perjalanan Lasalimu-Wanci tersebut mengalami mati mesin di Perairan Kapota sekitar 6 nautical mile dari Pos Sar Wakatobi.

“ Berdasarkan laporan diatas pada pukul 13.30 Wita, tim rescue pos sar Wakatobi dengan menggunakan RIB di berangkatkan menuju LKK (Lokasi kejadian kecelakaan) untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap kapal mati mesin tersebut,” terangnya.

Diungkapkannya pula, pada pukul 13.15 Wita Tim Rescue Pos Sar Wakatobi bersama beberapa unsur yang terlibat dilapangan telah berhasil menemukan kapal KM Usaha Baru di Perairan Karang Kapota. Sebanyak, 33 orang POB kapal masih dalam keadaan selamat. Kapal tersebut ditemukan sekitar 6 NM sebelah barat dari LKK.

“ Kapal KM Usaha Baru ditarik dengan menggunakan kapal KM Azhar menuju Pelabuhan Wanci, dikawal langsung oleh tim rescue pos sar Wakatobi dengan menggunakan RIB. Dan pada pukul 15.10 Wita, KM Usaha Baru tiba di Pelabuhan Wanci bersama 33 org POB dalam keadaan selamat,” ulasnya.

Wahyudin menerangkan, 33 orang POB KM Usaha Baru yang berhasil dievakuasi terdiri dari 5 Orang (Nakhoda dan ABK) serta 28 orang penumpang. Kemudian, pada pukul 15.25 Wita Operasi sar terhadap KM Usaha Baru yang mengalami mati mesin di Perairan Kapota dinyatakan selesai dan ditutup.

“ Unsur yg terlibat Pos AL Wakatobi, Polres Wakatobi, Pol Air Wanci, KM Azhar dan Nelayan sekitar,” tutupnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest