Pemda Bakal Ekspos Prestasi Pengembangan-Pembangunan Selama 3 Tahun Terakhir

  • Peringatan HUT Wakatobi ke-16

WAKATOBI, BP – Peringatan HUT Wakatobi ke-16, Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi bakal ekspos pencapaian prestasi pengembangan dan pembangunan Wakatobi selama kurun waktu tiga tahun terakhir.

Saat dikonfirmasi beberapa awak media diruangan kerjanya, Senin (02/12) Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi La Jumadin mengungkapkan, akan ada kegiatan perayaan dalam memperingati hari besar daerah salah satunya tablik akbar, lomba kebersihan, dan kebersihan kantor.

” Jadi apa yang telah kita lakukan selama tiga tahun itu akan di ekspos ke pada masyarakat, serta apa yang direncanakan kedepan harus di tonton oleh masyarakat. Seperti desain kawasan, rencana kita menata bagunan dan lingkungan kota, untuk kemudian menjadikan kawasan tomia timur sebagai pusat pertumbuhan baru tahun 2020/2021,” ungkapnya.

Dijelaskannya, prestasi yang telah dicapai Pemda Wakatobi selama tiga tahun terakhir akan dibuktikan dengan sebuah penghargaan yang telah ditorehkan, baik dari aspek pembangunan, perencanaan maupun kelestarian lingkungan, dan pencapaian Visi pembangunan ekonomi maritim yang berkelanjutan berbasis lingkungan.

“ Itu berhasil karena banyak penghargaan yang didapat oleh daerah ini. Kemudian, pembangunan infrastruktur wilayah, itu juga harus di ekspos termaksud pendidikan bersinar, kesehatan bersinar ini untuk menyongsong. Semua itu kita publis ke masyarakat agar mereka tahu, jangan hanya membaca di media sosial. Bahwa pemerintah itu tidak tidur, pemerintah ini selalu berpikir untuk bagaimana melaksanakan misi daerah,” jelasnya.

Ditegaskannya pula, mengenai pengembangan SDM dari program Pendidikan Bersinar, bantuan nak-anak yang kurang mampu, serta bantuan mahasiswa yang ingin menyelesaikan studi akhir, semua merupakan upaya Pemda Wakatobi dalam mensejahterakan masyarakat yang memiliki kualitas, bakat, serta potensi namun terkendala finansial.

Selain itu, Pemda juga akan membuat perencanaan penataan bangunan atas kawasan pemukiman ibu kota dan di daerah pertokoan baru yang akan bakal dimulai tahun ini, serta pembangunan infrastruktur wilayah.

“ Kita harus tunjukan apakah ada lompatan pembangunan selama 3 tahun terakhir dan fakta menunjukkan Pendidikan Bersinar, Kesehatan Bersinar, program Wakatobi Religius, dan juga program pembangunan infrastruktur wilayah yg berkualitas seperti pembangunan Puskesmas disemua pulau dan RSUD daerah dengan 3 lantai yang sementara digenjot pembangunannya menjadi perhatian serius dari pimpinan daerah ini,” ulasnya.

Ditambahkan, kata Jumadin, pembangunan jalan penghubung seluruh pulau Wangi-wangi semuanya mulus dengan Hot mix, semua menjadi konsen Pemda pada tahun 2019. Selain itu, program pengentasan kemiskinan juga menjadi skala prioritas dari tahun ke tahun.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest