Jadi Irup Hari Bakti PU Ke-74, Gubernur Harap Percepatan Pembangunan Sultra

KENDARI,BP – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H.Ali Mazi SH, memimpin Langsung pelaksanaan Upacara Hari Bakti PU Ke-74,yang dilaksanakan di Pelataran Halaman Kantor Gubernur,Selasa,(03/12).

Dengan Tema “Sigap Membangun Negri Untuk Indonesia Maju”, kegiatan ini di hadiri Sekretaris Bank Indonesia (BI) Pusat Gunawan bersama Wagub Lukman Abunawas, Sekda La Ode Ahmad, Ketua DPRD Abdurahman Saleh, beserta Pimpinan Forkopimda Sultra dan seluruh pimpinan OPD Sultra serta pimpinan unsur vertikal Sultra.

Dalam sambutannya Gubernur Ali Mazi, mewakili pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan bahwa pembangunan indonesia saat ini masih jauh tertinggal dari negara negara yang ada didunia, olehnya ia berharap pembangunan infrastruktur di indonesia khususnya Sultra dapat dipercepat, guna mengejar segala ketertinggalan yang kita hadapi.

“ Dibandingkan dengan negara-negara lain kita masih memang masih tertinggal.Indonesia tahun 2018 berada diposisi 71 dari 140 negara ditingkat Asean saat ini. Daya saing infrastruktur kita masih berada diposisi 5, kalah dengan Thailand, Brunei, Malaysya dan Singapura, oleh karena itu kita harus lebih giat lagi untuk mengejar ketertinggalan dan mampu menjadi yang terdepan,”ungkap Ali Mazi.

Kutipan Pidato orang nomor satu di Indonesia itu juga mengatakan, sinergi pemerintah juga akan perpengaruh besar dalam kesuksesan pembangunan lima tahun kedepan, seperti melanjutkan pembangunan 60 Bendungan, 1000 Embung, 500.000 Hektar jaringan irigasi baru, 2.500 Kilometer jalan tol, dan 60.000 Kilometer jalan baru. Pemerintah juga akan meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak menjadi 90 Persen,sanitasi dan persampahan menjadi 80 Persen. Selain itu kelanjutkan program 1000 rumah khusus masyarakat yang perpenghasilan rendah, serta mewujudkan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur dengan Konsep Smart Metropolis.

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Sultra Abd Rahim menambahkan, di Hari Bakti ini kepada seluruh pihak baik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota mampu meningkatkan infrastruktur diwilayahnya.

” Harapan kita bahwa dengan hari ulang tahun bakti PU pada hari ini ,tentu kita disemua tingkatan pemerintahan baik, ditingkat kementrian, provinsi maupun kabupaten kota, semakin kita tingkatkan pembangunan infrastruktur yang ada,” ujar Rahim.

Ditambahkan Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Sultra, Mustafa berharap dengan adanya instruksi presiden perencanaan Balai di Sultra bisa terwujud dalam program percepatan pembangunan di Sultra nantinya.

“ Harapan kita dengan kekompakan terbentuknya balai ini kita semakin didepan kita semakin kompak untuk membangun negeri dan pekerjaan kami bisa dirasasakan langsung dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan terbentuknya Empat Balai di Sultra ini pekerjaan PUPR semakin menyentuh kepentingan rakyat banyak,” ujarnya pula.

Peliput: Risnawati

Pin It on Pinterest