Terjadi 114 Kasus Kebakaran di Baubau Hingga Desember 2019

BAUBAU, BP- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau mencatat setiap kebakaran yang di tangani pihaknya. Hasilnya dalam kurung waktu satu tahun ini, Kota baubau banyak terjadi kebakaran yakni 114 Kasus Kebakaran, Selasa(03/12)

Kepada Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau MZ Tamsir Tamim mengatakan, dari hasil data yang di perolah di lapangan untuk jumlah terjadinya kebakaran yang terjadi di Kota Baubau cukup besar.

“Untuk satu tahun ini ada 114 kejadian kebakaran, mencakup kebakaran rumah lahan dan kendaraan,” katanya kepada Baubau Post.

Dikatakan, penyebab sumber kebakaran di Kota Baubau cukup beragam, namun pada umumnya kebakaran disebabkan oleh arus pendek, puntung rokok dan kompor meledak.

“Kalau yang terbanyak itukan mungkin arus pendek, dengah puntung rokok, kompor meledak jadi itu pada umunya tetapi itukan yang sudah banyak terjadi di Kota Baubau,” ungkapnya.

Untuk penanganan terhadap kebakaran di Kota Baubau, pihaknya telah menetapkan SOP yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajarannya.

“Kalau untuk penanganannya itu memang kita pertama sudah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menerima setiap laporan masyarakat, kita lihat target kita tercapi untuk mendapatkan respontain. Untuk di Kota Baubau ini 15 menit setelah itu kita membangun posko. Sekarang setiap kejadian kita sudah ada target, kalau dekat itu tidak sampai di bawah 10 menit atau 5 menit sudah capai di lokasi kejadianya, dengan ada target-target itu berati kita harus memberikan pelatihan kepada anggota pemadam,” Jelasnya.

Lanjut kata Tamsir Tamim, disela-sela waktu tidak adanya kebakaran, pihaknya selalu menyempatkan diri untuk berlatih bagaimana turun dari mobil, bagaimana untuk cepat sambung selang dan bagimana untuk bisa memadamkan kobaran api yang cepat agar bisa sesuai dengan target yang di miliki.

“Setiap saat waktu-waktu renggang, mereka lakukan latihan bagaimana untuk dalam mencapi suatu kejadian dan bagimana mempersiapkan respontain lengkap dengan persoalan-persoalan cara bagimana mereka turun dari mobil cara menyambung selang, cara memadamkan api, ini yang selalu mengisi waktu mereka pada saat tidak ada kejadian,” pungkasnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest