2020, Pemda Wakatobi Canangkan Pengembangan Sistem Pemerintahan Yang Inovatif

WAKATOBI, BP – Tahun 2020, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi mencanangkan pengembangan sistem pemerintahan yang inovatif dengan pelayanan yang berkualitas berbasis Teknologi, Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi Jumadin saat ditemui diruangan kerjanya beberapa waktu lalu mengunkapkan, pada tahun 2020 mendatang, seluruh perencanaan mengenai pengembangan sistem pemerintahan bakal didesain lebih moderen dan inovatif, dengan memanfaatkan teknologi sebagai media penunjangnya.

“ Faktanya nanti akan muncul pada tahun 2020. Pemerintahan yang inovatif dan pelayanan yang berkualitas itu bagaimana memanfaatkan teknologi, contoh sistem Fingger terkoneksi dengan aplikasi E-Kinerja dan E-Bajeting pada Keuangan,” ungkapnya.

Disamping itu, ada beberapa keuntungan lain dari pemanfaatan teknologi dalam sistem pemerintahan yakni meningkatkan kedisiplinan para pegawai Pemda Wakatobi. Salah satunya dengan menggunakan sistem absensi barcode/online atau sejenisnya, bertujuan untuk memantau kehadiran para pegawai secara objektif.

Selain itu, juga terdapat sistem pembayaran/transaksi yang canggih tanpa berpotensi rekayasa, sebab sistem ini termonitoring langsung secara Online.

“ Itulah yang sering disampaikan pak Bupati, dengan satu jari kita bisa melihat seluruh akses dan kita harus memiliki satu data unutk pembangunan ini agar supaya tidak muncul salah tafsir dan kesimpangan suiran informasi,” tandasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest