Sekda Sebut Baubau Punya Potensi Lapangan Kerja

  • Roni: Tak Perlu ke Luar Daerah

BAUBAU, BP – Sebagai salah satu kota yang bergerak di bidang jasa, Baubau memiliki potensi lapangan pekerjaan yang besar. Sehingga masyarakat harus dapat mengambil kesempatan itu untuk memperoleh pekerjaan di Kota Baubau.

Hal itu diungkapkan Sekda Baubau Roni Muhtar ditemui usai sosialisasi tentang tenaga kerja di aula Kantor Walikota Baubau, Rabu (11/12). Menurutnya, masyarakat harus merubah pola pikir untuk tidak selalu merantau ke luar daerah jika ingin bekerja.

“Baubau ini punya banyak yang bisa dimanfaatkan tenaga kerja untuk bisa hidup secara layak. Jangan lagi berpikir untuk ke Ambon, Balikpapan, atau ke Irian. Baubau punya banyak hal yang bisa dijadikan pekerjaan, tinggal kemauan kita untuk mengupayakan itu,” ungkapnya kepada awak media.

Selain ke luar daerah kata dia, ada juga masyarakat Kota Baubau yang mencari pekerjaan hingga ke luar negeri, namun jumlahnya sedikit. Sementara terkait peningkatan sumber daya manusia, maka Balai Latihan Kerja (BLK) di Kota Baubau dirasa sangat penting.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah mengupayakan lobi anggaran ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pembangunan BLK.

“Mereka harus dilatih untuk meningkatkan kemampuan di bidangnya, sehingga BLK menjadi penting. Kita minta di pemerintah pusat untuk pembangunannya, karena sudah didokumenkan untuk dibawa ke pemerintah pusat,” katanya.

Selain itu, mengenai upah minimum pegawai tetap di beberapa perusahaan di Kota Baubau sudah menerapkannya, bahkan melebihi. Sementara untuk pekerja informal yang bekerja separuh waktu hanya untuk sampingan, pihak perusahaan tidak membayar penuh sesuai upah minimum.

“Toh mereka itu tidak bekerja satu hari, hanya sebagai sampingan. Jadi mari kita petakan ini dengan baik kita pahamkan masyarakat bahwa penerapan upah minimum itu punya prosedur yang jelas,” tandasnya.

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest