BATAUGA,BP- Target Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Selatan, ditahun 2020 ini mengupayakan agar seluruh Sekolah Dasar (SD) di Busel terapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kadis Pendidikan Busel, La Makiki mengatakan akan mewajibkan seluruh sekolah tingkat SD untuk menggelar ujian menggunakan sistem komputerisasi. Hal itu diharapkan agar anak didik sejak dini mengenal sistem komputerisasi, sehingga SDM dimasa depan semakin berkualitas dan berdaya saing. Apalagi dizaman 4.0. Meski kualitas pendidikan tidak harus diukur dari penguasaan teknologi informasi, tetapi generasi muda sejak dini atau tingkat SD sudah harus mengenal sistem teknologi informasi.

“Kita harus mengenalkan mereka sedini mungkin teknologi informasi. Apalagi mohon maaf saudara-saudara kita anak didik kita yang ada di pelosok sebagian masih gaptek tak memiliki komputer atau laptop di rumah,” kata La Makiki beberapa waktu lalu

Kata La Makiki, kedepan persaingan dunia teknologi positif semakin bebas. Pengenalan ujian berbasis komputerisasi kepada anak didik merupakan hal yang positif diperkenalkan.

“Kedepan semua pendidikan kita akan berbasis teknologi informasi. Mau tidak mau, suka tidak suka kita akan kearah itu. Olehnya itu kami di Dinas Pendidikan di daerah ini menyiapkan diri untuk hal itu kepada generasi,” ujarnya.

Sebelumnya di tahun 2018 lalu, empat SMP sukses menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Dinas Pendidikan Busel menargetkan 29 atau seluruh SMP di Busel serentak bisa menggelar UNBK tahun 2019 ini. Di tambah 10 Sekolah tingkat Sekolah Dasar menggelar UNBK tahun 2019 lalu.

Untuk jaringan internet, saat ini sementara dibangun tower Internet di Kecamatan Siompu, Siompu Barat dan Kadatua. Sedangkan di wilayah Sampolawa dan Lapandewa sudah membaik kualitas jaringannya, begitupun di ibu kota Busel, Batauga.

Peliput : Amirul

By admin

Pin It on Pinterest