WANGI-WANGI, BP- Tiang lampu jalan di Desa Waelumu Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi ambruk akibat terpaan angin kencang. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wakatobi Drs Hardian meminta agar permasalahan ini tidak dibesar-besarkan.

” Lampu jalan itu tidak perlu dibesar-besarkan. Untuk apa? itu asetnya APBN bukan APBD, dan saya baru mau komunikasikan dengan pihak Kementrian,” ungkap Hardian saat ditemui diruangan kerjanya, Selasa (07/01).

Untuk diketahui, jumlah lampu jalan yang terpasang di Wakatobi sebanyak 100 unit lebih, yang diamana program pengadaannya berasal dari dua kementrian yakni Kementrian Perhubungan dan Kementrian Pekerjaan Umum. Ada perbedaan yang mendasar dari dua jenis tiang listrik ini, salah satunya tiang listrik milik Kementrian Perhubungan yang dilengkapi dengan kode-angka.

” Tadi juga saya bell pak camat, difoto dan saya bawa ke Kementrian melalui WhatsApp. Biar bagaimana ini sudah tanggung jawabnya kita karena itu bantuan dan larinya juga untuk kepentingan kita,” katanya.

Kemudian, mengenai anggaran pemeliharaan ambruknya tiang lampu jalan tersebut, kata Hardian, belum tersedia. Pasalnya, belum dilakukannya tahap penyerahan oleh Kementrian Perhubungan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi.

“ Tidak ada pemeliharaan, masih tanggungan mereka dan itu belum diserahkan. Mekanismenya itu akan diserahkan tapi sekarang belum,” tandasnya.

Amatan Baubau Post saat melakukan obserfasi di lokasi kejadian, tiang listrik yang jatuh memiliki simbol Cap Kementrian Perhubungan. Dananya berasal dari APBN tahun anggaran 2018. Selain itu, beberapa alat dan lampu yang terpasang pada tiang listrik telah dicopot. (*)

By admin

Pin It on Pinterest