BAUBAU, BP- Dinas Pertanian (Distan) Kota Baubau memastikan tahun ini tidak ada bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Yang tersedia hanya pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertanian.

“Di tahun 2020 di Waliabuku ada pembangunan parit, gorong-gorong, pengadaan pintu air, pembagunan sawah tani, serta pembangunan jalan produksi,” kata Kabid PSP Distan Kota Baubau La Ode Ali Batra.

Tidak adanya bantuan alat pertanian ini kata dia, karena Kementerian Pertanian (Kementan) telah membentuk Barigade Alsintan. Sehingga, jika para petani membutuhkan peralatan, para petani dapat meminjamnya di Barigade Alsintan.

“Kalau untuk alat-alat pertanian kita tidak pernah lagi kasih bantuan dari dana APBD karena sudah Brigade Alsintan, jadi semunya alat-alat pertanian sudah ada di sana, tinggal mereka (petani) pinjam dengan biaya oprasionalnya sekitar Rp 300 ribu,” urainya.

Barigade Alsintan tersebut telah ditunjuk oleh Distan. Usai menggunakan alat-alat, para petani harus mengembalikannya dalam kondisi yang baik agar dapat digunakan kembali oleh petani lainnya.

“Untuk jumlah alat pertanian yang ada di Barigade sekitar 70 unit,”sebutnya.

Sementara untuk bantuan bibit lanjutnya, dilakukan secara merata ke semua petani di Kota Baubau, berdasarkan dengan hasil audit Distan. Pihaknya ingin memastikan, bantuan diterima oleh petani yang layak.

“Harus ada indentifikasi dulu dari dinas, mana yang layak untuk diberikan bantuan seperti bibit sayur-sayuran, buah-buahan, maupun bawang merah,” jelasnya.

Peliput: LM Syahrul

By admin

Pin It on Pinterest