Cuaca Ekstrim, Harga Ikan Wakatobi Relatif Stabil

WANGI-WANGI, BP- Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Wakatobi beberapa waktu lalu rupanya tidak memberikan dampak yang signifikan pada kenaikan harga komoditas ikan di sejumlah Pasar Tradisional. Diketahui, kenaikan harga ikan hanya berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Wakatobi H Sulaeman saat dikonfirmasi Baubau Post disela kesibukannya, Selasa (14/01). Dikatakan, pada dasarnya harga ikan di Pasar Tradisional menjelang cuaca buruk dipertengahan Januari 2020 tidak terlalu membawakan dampak pada harga ikan.

” Karena tidak sepanjang waktu angin kencang, namun dia temporer, kadang satu hari dan beberapa jam teduh lagi. Sehingga berdasarkan pantauan petugas ketahanan pangan harganya relatif stabil,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan perbedaan antara musim barat dan timur. Pada musim barat saat ini, cuaca iklim tidak menentu. Namum jika terjadi angin kencang, maka durasinya tidak akan lama.

” Karena pasar ikan itu diwaktu pagi, siang dan sore, sehingga harga ikan relatif stabil. Kalo perbedaanya dari awalnya harga Rp 20 ribu hanya mengalami kenaikan berkisar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu,” tandasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest