BATAUGA,BP- Bupati Buton Selatan (Busel) La Ode Arusani menyerahkan secara simbolis pakaian adat kepada perwakilan parabela dan perangkatnya ditiap kecamatan. Tercatat, ada 280 pakaian adat parabela dan perangkatnya yang telah dibuat melalui program Dinas Kebudayaan Busel.

Bupati Busel La Ode Arusani mengatakan, pemberian pakaian adat parabela dan perangkatnya ini merupakan perhatian dan upaya pemerintah daerah atas eksistensi keberagaman kebudayaan Busel.

Kata Arusani, potensi kebudayaan khususnya lembaga adat yang terdiri dari parabela dan perangkatnya harus terus dipertahankan eksistensinya. Potensi kebudayaan juga menjadi destinasi pariwisata.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Busel La Ode Yusuf Hibali mengatakan, pakaian adat untuk parabela se-Busel tersebut dianggarakan pada APBD-Perubahan 2019 lalu, namun baru diserahkan secara simbolis langsung oleh Bupati Buton Selatan La Ode Arusani kepada parabela di gedung Wisata, Batauga, Selasa (14/1).

“Parabela pada saat rapat beberapa bulan lalu diukur disini (gedyung wisata) dan disini juga di serahkan secara simbolis oleh Bupati Busel kepada seluruh lembaga adat, jumlah semua itu ada 280, namun masih ada tersisa 58 pakaian adat yang akan dianggarkan tahun 2020,” ucap Yusuf Hibali

Lanjutnya, jika sudah kelar pakaian adat tersebut, maka tidak akan ada lagi kendala pada saat ada ivent kebudayaan atau ritual adat serta keikutsertakan lembaga adat pada ivent-iven festival daerah, karena seluruh pakaian perangkat adat sudah ada.

“Selama ini mereka tidak pernah mendapat sentuhan dari pemerintah daerah, selain itu ada beberapa program ditahun 2020 seperti perbaikan ringan fisik Baruga, pengadaan alat musik tradisional dan lainnya,” katanya

Di Busel tercatat ada 18 Baruga yang tersebar di tujuh kecamatan, dan beberapa Baruga tersebut akan mendapatkan sentuhan berupa rehap ringan.

Saat ditanya soal intensif perangkat adat, kata Yusuf Hibali, pihaknya masih menunggu peraturan Bupati (Perbup), jika itu sudah ada maka insentif kepada seluruh perangkat adat akan disalurkan. Anggarannya melekat di APBD tahun 2020.

“Ditahun 2020 ada, saya belum tahu persis berapa angka pastinya, tetapi tinggal perbupnya,” tukasnya

Peliput : Amirul

By admin

Pin It on Pinterest