Pembangunan GOR, Buteng Dapat Bantuan Dari Kemenpora

LABUNGKARI, BP – Dari 17 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra), Buteng mendapatkan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membangun Gelanggang Olahraga (GOR).

Dengan adanya GOR itu, dapat mendukung sarana olahraga dan meningkatkan kualitas olahraga di Kabupaten Buteng. Tidak tanggung-tanggung, untuk pembangunan GOR itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng telah menyiapkan lahar sebesar 21 hektar.

“Pembangunan GOR tersebut memakan lahan sebanyak 5 hektar dan dipastikan rampung 2020, jadi tidak ada kendala lagi khususnya terkait lahan,” ungkap Anzar Zamilu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Buteng, saat dikonfirmasi diruangannya, Selasa (14/01)

Pembangunan GOR tipe B itu, akan dibangun di Desa Balobone, Kecamatan Mawasangka, dengan total anggaran kurang lebih sebesar Rp 14 miliyar. Untuk fasilitas olahraga yaitu, cabang olahraga Futsal, Sepak Takraw, Basket, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, dan Bola Voly.

Lanjutnya, untuk tahapan pembangunannya, masih menunggu proses lelang, kemudian akan dilaksanakan pekerjaannya. Oleh sebab itu, pihaknya tinggal menunggu saja, anggarannya sudah ada melalui DAK dari Kemenpora, yang akan dibarengi dengan dana sering APBD Kabupaten Buteng.

“Jadi anggaran DAK hanya untuk pembangunan GOR, sedangkan untuk fasilitasnya seperti net, bola dan lain-lain, menggunakan APBD,” tuturnya.

Dengan adanya hal tersebut, Pemda melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Buteng berharap, masyarakat dapat memaksimalkan dab memanfaatkan gedung itu dengan sebaik-baiknya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest