Pembebasan Lahan Jembatan Buton-Muna, Baubau Siapkan Rp 1 Miliyar

BAUBAU, BP- Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH ditemani Asisten I Setda Baubau Rahmat Tuta dan Kabag Tapem Setda Baubau Arif Basari, meninjau lokasi pembangunan jembatan Buton-Muna, di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lea-lea, selasa siang (14/01).

Anggaran yang disiapkan untuk pembebasan lahannya mencapai Rp 1 miliar, dimana panjang lahannya mencapai 1,3 Km, lebar 30 m.

“Kita menyiapkan lahan, jembatannya kan dari provinsi yang membangun, yang kita bebaskan ini lahan yang menjadi tiang panjangnya jembatan itu,” kata AS Tamrin kepada sejumlah wartawan di rujabnya usai dari peninjauan lokasi.

Jembatan program Pemerintah Prov Sultra itu memiliki panjang keseluruhan 700 meter, yang menghubungkan Kelurahan Palabusa (Kota Baubau) dan Batuta (Kabupaten Buton Tengah).

Dalam peninjauan lokasi tersebut, turut hadir para camat, lurah, beserta para pemilik lahan. “Makanya tadi saya lakukan peninjauan, saya minta Asisten I sama Kabag Pemerintahan mempresentasekan rencana pembebasan lahannya itu,” ucap AS Tamrin.

“Kita mantapkan dulu lahannya, jangan sampai giliran gubernur mau membangun, dimana lahannya,” tambah orang nomor satu di Kota Baubau itu.

AS Tamrin menargetkan, lahan pembangunan jembatan tersebut dibebaskan tahun ini. Lahannya pun sudah mendapat penilaian dari Konsultan Jasa Penilai Publik (KJPP).

“Pemilik lahan bersedia. 2020 ini untuk pembebasannya, sudah dinilai oleh KJPP,” tandas Doktor Ilmu Pemerintahan itu.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest