Saat Ini 87 Rumah di Wakatobi Rusak Akibat Angin Kencang

WANGI-WANGI, BP – Berdasarkan rilis data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wakatobi, sebanyak 87 unit rumah telah teridentifikasi mengalami kerusakan akibat bencana angin kencang beberapa waktu lalu.

Saat ditemui diruangan kerjanya pada Selasa (14/01), Kepala BPBD Wakatobi Muhammad Yusuf mengatakan, umumnya dampak dari cuaca ekstrim tersebut didominasi oleh kerusakan ringan sejumlah rumah warga.

” Tanggal 2 Januari 2020 itu, yang diberikan bantuan dan tertangani ada sekitar 10 rumah dan tanggal 5 Januari 2020 ada 77 yang teridentifikasi ada yang ringan, sedang, dan berat. Jadi totalnya se-Kabupaten Wakatobi itu ada 87 rumah,” katanya.

Terkait kalkulasi dan persentase kerugian akibat bencana tersebut, BPBD Wakatobi belum dapat mempublikasikan secara pasti, pasalnya masih dalam tahapan proses. Namun hingga kini pihak BPBD Wakatobi telah memberikan bantuan stimulan.

” Kami membagi empat tim, dan masing-masing tim sudah melakukan perhitungan. Sampai kemarin itu kami juga telah menyerahkan bantuan ke Desa Patuno,” ulasnya.

Selain itu, berdasarkan klasifikasi yang dilakukan pihak BPBD, semua laporan masyarakat tidak dapat dikatakan sebagai bencana.

” Kadang atapnya yang terbang, ada atapnya yang terlipat, dan ada juga pohon tumbang sehingga mengenai rumah. Jadi tidak semua yang dilaporkan itu masuk bencana, terkadang bangunannya kumuh dan sudah tua,” ujarnya.

Yusuf juga menegaskan kepada masyarakat agar dapat memahami prosedur bantuan yang diberikan. Mengingat bantuan yang disodorkan hanyalah bantuan stimulan dan bukan bantuan jasa asuransi yang sifatnya mengganti keseluruhan kerugian.

” Tidak ada ketentuan untuk menggantikan kerugian mereka, kalo bangunannya sudah tua maka diserahkan ke Desa dan ada beberapa desa yang sudah ditangani,” pungkasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest