Dinkes Bakal Hadirkan Dua Puskesmas Wisata di Wangi-wangi

WANGI-WANGI, BP – Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan membangun Puskesmas wisata yang bertempat di pulau Wangi-Wangi.

Hal ini diungkap Kepala Dinkes Wakatobi Muliaddin saat dikonfirmasi koran ini beberapa waktu lalu. Disebutkan anggaran tersebut berasal APBN melalui DAK, ditargetkan pekerjaan mulai bulan mei tahun ini.

“Di tahun 2020 ini, kami kembali mendapat alokasi anggaran DAK sebesar Rp 31 miliar untuk pembangunan puskesmas wisata,” ungkapnya.

Selain itu, puskesmas wisata tersebut memiliki bangunan yang komplit bahkan dari sisi prasarana peralatan penunjang puskesmas. Sehingga ke depannya diharapkan Pemda Wakatobi dapat melengkapi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk kedua puskesmas tersebut.

“Rencana ini di Desa Pada Raya satu, untuk memudahkan akses kesehatan masyarakat kita di bagaian gunung. Kemudian di Waetuno, kita rencanakan pembangunannya di antara Desa Waha dan Desa Waelumu,” ulasnya.

Dalam anggaran Rp 31 miliar yang dikucurkan tersebut, terdapat Rp 17 miliar untuk renovasi enam bangunan puskesmas di wilayah Wakatobi II, yakni Puskesmas Runduma (Tomia), Puskesmas One Mobaa (Tomia), Puskesmas Wali (Binongko), dan Puskesmas Pulau Hoga (Kaledupa).

Muliaddin juga menambahkan, renovasi dengan membangun Puskesmas menjadi dua lantai. Dimana rata-rata bangunan Puskesmas tersebut awalnya hanya berlantai satu.

“Dengan adanya anggaran APBN tersebut, kami berharap dapat mendukung Wakatobi sebagai salah satu satu daerah top ten pariwisata nasional,” tutupnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest