Bupati Buteng Serahkan Rancangan Perubahan RPJMD ke DPRD

  • Semoga Memenuhi Aspirasi Masyarakat serta Menyelesaikan Persoalan

LABUNGKARI, BP – Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin SE menyerahkan dokumen pengajuan rancangan awal perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buteng tahun 2017-2022, ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng. Penyerahan dokumen tersebut, diterima langsung oleh Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto, diruang sidang kantor DPRD, Senin (27/01)

Dalam pidatonya, Samahuddin mengungkapkan, berdasarkan peraturan dalam negeri nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah jangka panjang pembangunan daerah, jenjang rencana pembangunan menengah daerah, tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan kelas menengah daerah, serta rencana kerja pemerintah daerah dengan jelas. Maka perubahan RPJMD ini merupakan pejabaran visi misi dan program kepala daerah, yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD dan memperhatikan rencana pembangunan menengah nasional, rencana pembangunan jangka menengah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), serta rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) Kabupaten Buteng.

Dikatakan, RPJMD berperan sebagai acuan dasar dalam menentukan arah kebijakan dan strategi pembangunan daerah, yang intinya menguat mengenai kebijakan kepala daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan lintas perangkat daerah, program kewajiban yang disertai dengan rencana-rencana kerja dalam rangka regulasi dan pendanaan yang bersifat indikatif.

“Dalam melaksanakan RPJMD Kabupaten Buteng tahun 2017-2022, terdapat beberapa strategi dan permasalahan daerah, secara aktual, dengan asumsi kerangka prioritas dan sasaran pembangunan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pengendalian evaluasi terhadap RPJMD Kabupaten Buteng, tetang pencapaian program-program pemerintah daerah yang telah dilakukan. Salah satunya, penyesuaian terhadap subtasi RPJMD, ada kebijakan tahunan sebagai pedoman, penyusunan RKPD, sehingga prioritas pembangunan tahun Buteng Dapat terukur dan memiliki arah dan tujuan menjadi lebih jelas

“Dalam menyusun rencana awal RPJMD ini, semoga dapat memenuhi seluruh aspirasi masyarakat yang mampu menyelesaikan persoalan-persoalan disisa kepemimpinan kami dua tahun ini,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest