PASARWAJO, BP – Kecamatan Lasalimu Selatan dipercaya bakal menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 Tingkat Kabupaten Buton. Event akbar ini berlangsung selama empat hari, terhitung mulai 29 Februari sampai 3 Maret 2020, berpusat di lapangan sepak bola Desa Ambuau Indah.

Camat Lasalimu Selatan Jusmina Lanjaa SH mengaku siap untuk menyongsong event Islami dua tahunan tersebut.

Ia juga membeberkan akan menjadi tuan rumah yang baik. Olehnya itu, pihaknya tengah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan selama proses MTQ berlangsung.

“ Kami akan menjadi tuan rumah yang baik. Segala sesuatunya telah kami persiapkan, baik panggung utama maupun gedung-gedung sebagai arena lomba telah siap. Begitu juga dengan kesiapan penginapan para kafilah yang berasal dari 7 kecamatan lebih itu. Juga penginapan buat dewan hakim, telah disiapkan. Semua penginapan itu kami gratiskan,” katanya ketika usai menghadiri rapat Persiapan MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Buton di Aula Kantor Bupati di Takawa, Pasarwajo, belum lama ini.

Lanjutnya, untuk menampung para Kafilah, Panitia dan Dewan Hakim, pihaknya menyiapkan 16 tempat penginapan.

Sementara untuk arena lomba, selain lapangan sepak bola sebagai arena utama, Gedung sekolah dari SD, SMP dan SMA akan menjadi pusat perlombaan. Demikian juga dengan masjid yang ada di Ibukota Kecamatan.

Kendala yang dihadapi tidak cukup berarti, hanyalah sekedar masalah pemenuhan kebutuhan air besih bagi kafila dan jenerangan lampu.

Meski demikian yang menjadi kendala itu telah dipecahkan dua instansi Pemerintah Kabupaten Buton itu PDAM dan PLN telah menyatakan diri siap menyuplai air bersih.

” Kami siap menyuplai air bersih untuk pagelaran MTQ nanti,” ungkap PDAM Buton.

Demikian pula pihak PLN. “ Kami akan menyiapkan genset untuk mengantispasi jika terjadi gangguan. Semua titik yang dijadikan sebagai arena perlombaan kami akan pasok dengan genset jika terjadi gangguan,” kata salah satu Teknisi PLN Pasarwajo Setiawan.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Buton Sardiman Razik menjelaskan penetapan Lasalimu Selatan sebagai tuan rumah, merupakan hasil rapat sebelumnya pada MTQ ke-45 tahun 2018 lalu di Kecamatan Kapontori.

“ Segala sesuatunya telah kami persiapkan. Kami terus berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kemenag Buton, termasuk pembentukan Panitia untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ ke-46 Buton di Lasalimu Selatan,” tutup Sardiman.

Peliput: Asmaddin

By admin

Pin It on Pinterest