Tahun Ini Dinas Koperasi dan UKM Buteng Beri Pelatihan dan Sosialisasi

  • Abidin: Rencana Pengadaan 100 Gerobak Etalase Tahun Ini Tidak Bisa Dilaksanakan

LABUNGKARI, BP – Upaya peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas pelayanan, menjadi tantangan utama bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), agar memiliki daya saing dan kompetensi. Penguatan kualitas SDM untuk pelaku UKM di Buton Tengah (Buteng), secara gencar dan terus menerus dilakukan baik melalui pelatihan dan sosialisasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Buteng di tahun 2020 ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Buteng, Abidin saat dikonfirmasi kemarin mengatakan, kegiatan yang dilakukan tahun ini, tidak jauh beda dengan tahun 2019 kemarin, baik itu dibidang UKM, Koperasi, hingga dibidang pembiayaan. Dari tiga bidang itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi para pelaku koperasi dan UKM.

“Jadi Sosialisasinya tentang informasi permodalan, ada pelatihan akuntansi bagi para pelaku koperasi, dan ada pelatihan wirausaha pemula,” jelasnya.

Selain itu, terkait rencana bantuan gerobak etalase yang diprogramkan kembali tahun ini, tidak bisa dapat dilaksanakan. Pasalnya, anggaran belum mencukupi sehingga akan dilakukan perencanaan kembali pada tahun 2021 kedepan. Dimana, sebelumnya, pada tahun 2019 lalu, ada tiga Kecamatan di Buteng mendapatkan bantuan 50 unit gerobak etalase.

“Rencananya tahun ini akan menuntaskan lagi tiga Kecamatan dengan pengadaan 100 unit gerobak etalase. Tapi, karena keterbatasan anggaran, sehingga akan kembali kami rencanakan di tahun 2021,” tutupnya.

Peliput : Hengki TA

Pin It on Pinterest