Gizi Buruk di Buteng, Bupati Soroti Dinas Sosial dan Kesehatan

  • Pengobatan Sarlan di Rumah Sakit Digratiskan Hingga Sembuh

LABUNGKARI, BP – Sahlan balita berumur enam tahun warga Desa Lowu-lowu, Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah (Buteng), di Rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buteng, karena terkena gizi buruk. Bupati Buteng H Samahuddin SE kesal terhadap kinerja Dinas Sosial dan Kesehatan, yang tidak mengetahui ada balita di Buteng yang terkena gizi buruk.

“Ini tidak bisa di biarkan masa ada warga yang sudah lama terkena gizi buruk tidak diidentifikasi, berarti Dinas Sosial dan Kesehatan tidak ada kerjanya,” ungkap Samahuddin, saat menjenguk balita enam tahun itu di RSUD Buteng, Jumat (14/02)

Dengan adanya hal tersebut, orang nomor satu di Buteng itu langsung memerintahkan Direktur RSUD Buteng merawat Sarlan hingga pulih tanpa dipungut biaya sepersen pun. Selain itu juga, ia meminta agar Sarlan segera di uruskan BPJS kesehatannya.

“Sarlan akan dirawat di Rumah Sakit sampai pulih tanpa memungut biaya,” tegasnya.

Usai menjenguk balita enam tahun itu, Bupati langsung menelepon dan memarahi Kepala Dinas Sosial dan Kesehatan, yang tidak sempat hadir saat menjenguk balita itu. Sebab, keduanya masih mengikuti Musrembang di Kecamatan Talaga.

Ditempat yang sama, dokter spesialis anak dr Agus Budiarto mengatakan, balita tersebut sudah mengalami gizi buruk selama satu tahun. Selain itu, Sarlan juga mengalami komplikasi. Oleh sebab itu, pihak rumah sakit akan memberikan pelayanan maksimal.

“Melihat kondisi anak ini, ia sudah setahun mengalami gizi buruk, normalnya anak usia enam tahun berat badannya minimal 15 kilo sampai 20 kilo, namun Sarlan hanya samapai 10 kilo saja,” kata dr Agus.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest