Komisi II DPR RI Sambangi Kampus AKKP, Danil Paparkan Persiapan Politeknik KP

WANGI-WANGI, BP- Dihadapan Tim Panja Komisi II DPR RI dan Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian ATR/BPN RI, Direktur Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AKKP) Wakatobi Daniel H Ndahawali SPi MSi memaparkan rencana pergantian status AKKP menjadi Politeknik, yang dimana dalam usulan tersebut masih dikendalai persoalan lahan yang saat ini masih berstatus kawasan hutan lindung.

Daniel menjelaskan, terpilihnya AKKP Wakatobi sebagai lokus kunjungan dikarenakan AKKP Wakatobi diusulkan menjadi Politeknik pada tahun 2021 mendatang. Diketahui, luas lahan kampus berkisar 30,5 Ha, dan sejauh ini pemanfaatan pembangunan gedung baru sekitar 4 Ha.

” Baru empat hektar yang kami manfaatkan untuk pembangunan, nah itu masih bersinggungan dengan status kawasan hutan lindung. Sehingga kelembagaan ini untuk mendukung Politeknik banyak bangunan, sehingga pak Hugua dengan tim mengambil studi kasus. Untuk itu, kami meminta dukungan agar memanfaatkan lahan secara optimal,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Komisi dan Dirjen Agraria II merespon positif serta mendukung penuh keberadaan AKKP Wakatobi dan akan mengupayakan status lahan yangg saat ini masih berada dalam kawasan hutan lindung agar menjadi bagian dari Program Target Objek Reformasi Agraria (TORA) sehingga menjadi kawasan hutan pendidikan serta dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pengembangan AKKP Wakatobi kedepannya.

” Komisi II akan mengawal jalannya proses pengembangan, perluasan dan pelepasan status tanah AKKP Wakatobi. Kita sangat mendukung pengembangan AKKP Wakatobi karena perguruan tinggi adalah kepentingan Negara dan harapannya SDM KKP mampu memberdayakan dan mengelola sumber daya kelautan dengan baik,” ulas Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustofa.

Mantan Bupati 2 Periode Ir Hugua sekaligus Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Maritim 6 Negara CTI/Maritim Local Government Network (Maritim LGN), menerangkan bahwa dalam desainnya, Perguruan Tinggi AKKP Wakatobi saat ini menjadi Pusat Laboratorium 6 Negara CTI sehingga ini perlu dikembangkan, AKKP Wakatobi ini sangat besar potensinya untuk menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan.

” Perguruan tinggi ini bukan hanya milik Wakatobi tetapi milik dunia,” pungkasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest