Positif Covid-19 di Buteng Bertambah Tiga Orang

LABUNGKARI, BP – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bertambah tiga orang lagi. Dengan penambahan tersebut maka total pasien yang positif terpapar covid-19 di Buteng menjadi 18 orang dari hari sebelumnya yang tercatat 15 orang.

Dari 24 reaktif berdasarkan hasil rapid test, sebelumnya Tim Gugus Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan hasil dari 20 orang yang reaktif dan hasilnya 15 orang positif covid-19. Hari ini, Sabtu (16/06) Tim Gugus Tugas Covid-19 Buteng kembali merilis tambahan tiga orang positif covid-19.

“Tambahan hari ini ada tiga orang positif, kini menjadi 18 orang. Dari 24, baru 23 yang keluar, kita masih menunggu satu lagi,” ungkap dr Karyadi, Juru Bicara Tim Gugus Covid-19 Buteng, melalui rilisnya.

Lanjutnya, 18 orang yang telah dinyatakan positif covid-19 itu tersebar di Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) sebanyak dua orang, Mawasangka Tengah (Masteng) 10 orang, Mawasangka empat orang dan Kecamatan GU dua orang. Dimana, seluruhnya merupakan eks penumpang KM Ngapulu.

Belum diketahui, 18 orang itu apakah di karantina di rumah masing-masing atau di tempatkan secara khusus yang di siapkan pemerintah. Namun untuk saat ini, Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai gejala, masih ditangani di Puskesmas masing-masing, apabila sudah bergejala mulai sedang sampai, berat, dan kritis baru dirujuk ke rumah sakit.

“Kita akan melakukan survei line, siapa-siapa yang sempat kontak dengan mereka sebelum dinyatakan hasil Swab, kemudian dilakukan rapid test,” tuturnya.

Selain itu, masih ada 115 orang di Buteng merupakan eks KM Dorolonda, yang rencananya akan kembali melakukan rapid test. Dimana, untuk 115 orang itu tersebar di beberapa Kecamatan di Buteng.

“Masi sementara dilakukan survei line melacak keberadaan mereka dan dalam waktu dekat akan dilakukan pemeriksaan rapid test,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest