H-1 Lebaran, Pasar Tradisional di Buton Makin Ramai Pembeli

Peliput: Gustam — Editor: Ardi Toris

PASARWAJO, BP- Sehari jelang hari raya Idul Fitri, pasar tradisional di Kabupaten Buton makin ramai dipadati pembeli. Kebanyakan dari mereka datang untuk membeli kebutuhan lebaran.

Terpantau sejak pagi di Pasar Kaloko, Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, sudah mulai ramai. Antrian kendaraaan juga cukup banyak. Di dalam area pasar, terjadi desak-desakan pembeli.

Begitu pula di Pasar Sabho, Kelurahan Saragi, sejak pagi juga sudah dipadati para pembeli yang datang dari wilayah Kecamatan Wolowa, Siotapina, dan Lasalimu untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

Wa Ati, salah seorang penjual sembako di Pasar Sabho mengaku, sejak pagi pasar mulai dipadati pembeli. Mereka membeli beras untuk membuat ketupat lebaran.

“Dari jam tujuh tadi sudah rame. Rata-rata yang mereka beli itu beras untuk bikin ketupat dengan lapa-lapa,” kata Wa Ati.

Hal senada juga diutarakan seorang penjual kue kering di Pasar Kaloko Ibu Isma. Kata dia, sejak seminggu lebaran, pasar mulai ramai pembeli. “Rame terus tiap hari ini. Dari minggu lalu kayanya ini,” terangnya.

Pantauan media ini, tidak hanya para pembeli yang padat, para penjual juga nampak banyak yang berjualan di samping-samping pasar dengan menggunakan tenda terpal. Makin siang, suasana pasar makin ramai. (*)

Pin It on Pinterest