Cegah Covid-19, Orang yang ke Wakatobi Bakal Dirapid Tes Gratis

Peliput: Zul Ps –Editor: Ardi Toris

WANGI-WANGI,BP – Mulai hari ini, para pelaku perjalanan yang memasuki wilayah Kabupaten Wakatobi akan dilakukan Repid tes tanpa biaya sepersen pun, hal ini untuk memutus penyebaran Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi Muliadin mengatakan, sementara untuk pelaku perjalanan yang akan meninggalkan Wilayah Kabupaten Wakatobi maka dilakukan secara selektif.

” Dalam arti bahwa mereka yang kemarin datang dari daerah-daerah yang terpapar kita jaring melalui mereka mau balik, tidak hanya itu. Mulai sebentar sore yang datang dari pelabuhan Ferry itu kita rapid tes,” katanya.

Muliadin menambahkan jika ditemukan terdapat pelaku perjalanan yang reaktif maka belum diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing namun akan dilakukan isolasi sesuai protokoler kesehatan.

“Selain itu ABK kapal juga kita akan lakukan rapid tes,” tambahnya, Rabu (27/05).

Selain itu, pelaku perjalanan yang tercatat telah melakukan rapid tes sebanyak 37 orang dengan hasil non reaktif. Sementara itu, untuk stok rapid tes yang disediakan oleh tim gugus Covid-19 berkisar 1000 unit, dan yang lainnya masih sementara dipesan.

Tak hanya itu, pihaknya juga merencanakan adanya pemeriksaan menggunakan alat rapid tes tersebut kepada para pedagang dibeberapa pasar tradisional, pasal memasuki lebaran lalu, masyarakat banyak melakukan kontak fisik.(*)

Pin It on Pinterest