Peliput: Arianto W — Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021 telah ditutup, Sabtu (04/07). Kendati demikian, rupanya masih ada beberapa sekolah yang belum memenuhi target kuota minimal 360 siswa dan/atau maksimal 432 siswa.

Berikut daftar sekolah di Kota Baubau yang belum memenuhi target kuota ideal yakni SMAN 3 Baubau, SMAN 4 Baubau, SMKN 2 Baubau, dan sejumlah sekolah swasta.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rayon Kota Baubau-Kabupaten Buton Selatan (Busel) La Jaman

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rayon Kota Baubau-Kabupaten Buton Selatan (Busel) La Jaman, Minggu (05/07).

Jaman menjelaskan, problem ini dipicu oleh tingginya animo masyarakat yang cenderung memilih sekolah-sekolah Favorit untuk melanjutkan kualifikasi pendidikan anak di jenjang menengah atas.

Berikut daftar sekolah yang telah memenuhi bahkan melampaui target kuota ideal yakni SMAN 1 Baubau, SMAN 2 Baubau, SMAN 5 Baubau, SMKN 1 Baubau, dan SMKN 3 Baubau.

” Yang over kapasitas itu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5, SMKN 1 dan SMKN 3 Baubau,” terangnya.

Meski demikian, Jaman menegaskan, sekolah tidak diperkenankan untuk menerima siswa melebihi target kuota maksimal 36 kali 12 Rombongan Belajar (Rombel) atau sebanyak sebanyak 432 siswa dan minimal 36 kali 10 Rombel atau sebanyak 360 siswa.

Lantas, bagi siswa yang tidak lolos seleksi PPDB di sekolah pilihan pertama diminta untuk tidak risau. Sebab, masih akan ada pembukaan PPDB gelombang kedua.

Dimana, program ini bermaksud untuk mengisi kursi kosong di sejumlah sekolah sederajat yang belum memenuhi target kuota idealnya.

” Kalau tidak lulus bisa daftar ulang. Kemungkinan besar mereka akan lari ke SMAN 3, SMAN 4, SMKN 2, atau sekolah swasta,” ujarnya.

Untuk diketahui, PPDB gelombang kedua akan dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 8, 9, dan 10 Juli 2020. (*)

By admin

Pin It on Pinterest