Peliput: Hengki TA — Editor: Ardi Toris

LABUNGKARI, BP – Kasus terkonfirmasi positif virus corona atau covid-19 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bertambah tujuh orang, berdasarkan hasil test polymerase chain reaction (PCR), tujuh penambahan baru itu merupakan anggota DPRD Buteng.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Buteng, dr Karyadi mengungkapkan tujuh penambahan kasus baru itu terdiri dari Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) tiga orang, Mawasangka satu orang, GU satu orang, Lakudo satu orang, dan Kecamatan Sangia Wambulu satu orang.

Kantor DPRD Kabupaten Buteng

“Dari tambahan tujuh itu, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Buteng kini naik menjadi 12 orang. Untuk klasternya mereka diduga dari luar daerah,” jelasnya, saat ditemui di sekretariat gugus tugas covid-19 Buteng, Senin (27/07).

Ditempat terpisah, Sekretaris DPRD Buteng Burhanuddin mengatakan tujuh anggota DPRD Buteng positif, tiga diantaranya melakukan perjalanan dinas bersama 14 anggota DPRD lainnya di Sulawesi Selatan, dalam rangka konsultasi di pertamina untuk penambahan kuota BBM di Buteng.

“Ada tiga orang yang melakukan perjalanan dinas keluar daerah, sedangkan empat lainnya mereka melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing,” kata Burhanuddin.

Sebelumnya, 16 anggota DPRD melakukan rapid test, usai melaksanakan rapat paripurna, Senin (20/07) lalu. Hasilnya tujuh wakil rakyat itu dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test.

Kemudian, dari tujuh yang dinyatakan reaktif, tiga dewan melakukan perjalanan dinas keluar daerah, berdasarkan hasil rapid test ulang di Kota Baubau, pada Jumat (24/07) kemarin, dimana yang hasilnya non reaktif.

Berdasarkan hasil tersebut, tiga anggota dewan melakukan perjalanan dinas pada Minggu pagi (26/07). Akan tetapi, hanya satu anggota dewan yang menujukan hasil non reaktif dari hasil rapid test di Kota Baubau, sedangkan dua lainnya tidak melaporkan hasil rapidnya.

“Jadi hasil swab tujuh anggota DPRD keluar pada Minggu sore, mereka melakukan perjalanan dinas pada Minggu pagi. Sedangkan untuk ketiga anggota DPRD yang diizinkan keluar daerah, berdasarkan hasil rapid test yang di keluarkan gugus tugas Kota Baubau,” tutupnya. (*)

By admin

Pin It on Pinterest