Peliput: Kasrun — Editor: Ardi Toris

BURANGA,Bp-Lebaran Idul Adha kali ini berbeda dengan lebaran sebelumnya. Pasalnya, lebaran kali ini masih dalam suasana ditengah Pendemi Covid-19. Sehingga bupati Butur Abu Hasan mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Idul Adha 1441 H di masjid bukan di lapangan.

Kata Abu Hasan, disetiap mesjid akan disediakan air cuci tangan dan hand sanitizer, serta ada pegawai kesehatan yang bertugas mengukur suhu tubuh para jamaah yang akan melaksanakan sholat Idul Adha.

Bupati Buton Utara Abu Hasan

Lanjut orang nomor satu di Kabupaten Buton yang paling utara itu, mengatakan kita tetap waspada dan meningkatkan kehati-hatian untuk menghindari penyebaran virus Corona.

“Setiap masjid ada (disediakan) cuci tangan, ada hand sanitizer, ada alat pengukur suhu sebelum masuk masjid dan pakai masker. Kita harapkan mereka patuhi (protokol kesehatan). Walaupun kita dalam keadaan zona aman kita tetap waspada dan meningkatkan kehati-hatian kita,” ingat Abu Hasan, Selasa (28/7).

Kata Abu Hasan, Penyembelihan hewan kurban, tetap merujuk pada syar’i penyembelihan di masing-masing masjid.

“Protokol kesehatan kita tetap terapkan, misalnya penyembelihan dilakukan dengan jarak tertentu karena banyak hewan kurbannya, satu masjid kadang kala 20 hewan kurban,” ujarnya.

Untuk hewan kurban Bupati Butur Abu Hasan belum mengetahui berapa jumlahnya.

“Kita pemerintah daerah ada pemerintah ada teman-teman pejabat, pribadi pribadi tapi semuanya kita serahkan di masjid,” tambahnya.

Untuk tata cara pembagian daging kurban kita Abu Hasan, dengan cara didaftarkan ke takmir masjid masing-masing, lalu mengambil pembagian hewan melalui kupon yang dibagikan. Sedangkan kesehatan hewan kurban, pemda melibatkan dokter hewan guna memastikan kelayakan kesehatan hewan sebelum disembelih.

“Walaupun kita akui dokter hewan kita sangat terbatas untuk menjangkau semua, tapi disampaikan ke masjid mesjid untuk memanfaatkan dokter hewan memeriksa hewan sebelum disembelih supaya kita jamin kesehatan hewannya,” bebernya.(*)

By admin

Pin It on Pinterest