Peliput: Nelvida A — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Penggunaan pestisida atau racun hama, biasa digunakan pada saat tanaman padi mengalami gangguan. Penanggung Jawab Balai Benih Utama (BBU) Robin SP saat ditemui wartawan Baubau Post, Rabu (29/07), mengatakan peptisida atau pembasmi hama adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu.

Penanggung Jawab Balai Benih Utama (BBU) Robin SP

“Kalau untuk pemberian peptisida untuk hama tergantung dari gangguan karena hama penyakit padi ada beberapa macam,” ungkapnya.

Hama penyakit yang ada pada tanaman padi yakni tikus, ulat, penyakit hawar daun bakteri, walang sangit, wereng, burung, dan busuk batang.

Setiap hama ada racun yang dapat membasmi hama tersebut. Sehingga pada saat pemberian peptisida harus sesuai dengan aturannya.

” Untuk penggunaan racun itu bermacam-macam yang biasa dipakai klengser, corona, leli, dan lainnya,” jelasnya.

Bahkan pemberian peptisida tidak melihat batas umur padi, jika sudah ada hama yang melakukan penyerangan maka petani akan segera lakukan pemberian peptisida.

“Jadi kalau ada gangguan hama pada tanaman padi di melihat sudah ada serangan hama wereng maka penangganan akan segera dilakukan,” tutupnya.(#)

By admin

Pin It on Pinterest