Laporan: Ardi Toris

BUTON, BP-Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Kabupaten Buton bekerjasama dengan Pemerintah daerah (Pemda), melalui Dinas Pertanian dan menghadirkan Dinas/OPD terkait serta instansi lainnya telah melaksanakan kegiatan dialog “coffee break”, Selasa (28/07) pagi di ruang santai Rumah Makan Transit, Pasarwajo.

Sebagaimana tema yang diangkat yaitu Pengembangan Sektor Pertanian, Kemana Arahnya? Selain Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, hadir menjadi pembicara beberapa instansi teknis seperti, BAPPEDA, Dinas UKM dan Koperasi, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, PUPR terutama bidang tata ruang, Dispora.

Kemudian mitra terkait seperti, perbankan dihadiri Kepala Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra Cabang Pasarwajo, Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-APDeSI), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPD) Kabupaten Buton. Selain itu, juga dihadiri unsur Pemerintah Kecamatan dan Kepolisian.

Pelaksanaan dialog yang dibuka secara langsung oleh Bupati Buton Drs La Bakry MSi. Dalam sambutannya bupati menyampaikan beberapa program baru dan menjadi kendala. Akibat masa pandemi Corona Virus Desease (Covid-19), Sehingga perlu ada koordinasi antara lintas instansi dan mitra terkait didaerah.

Sebagaimana di rilis Kominfo dan persandian Kabupaten Buton, ada lima poin yang menjadi kesimpulan dialog yaitu pertama, Dinas pertanian sebagai teknis akan lebih intens berkoordinasi dengan instansi terkait terutama mengenai pembebasan lahan di desa.\

Kedua, hasil pertanian membutuhkan pasar baik didalam maupun diluar daerah, sehingga dinas perdagangan dapat mencarikan solusinya. Ketiga, dinas Koperasi dan UKM dapat menopang hasil pertanian melalui koperasi-koperasi yang telah berjalan.

Keempat, Bank Sultra siap mengucurkan modal usaha jika pasar dari hasil pertanian semakin jelas. Dan Kelima, Bappeda akan memprogramkan hasil dialog dalam pembahasan APBD Perubahan tahun 2020.(**)

By admin

Pin It on Pinterest