Laporan: Ardi Toris — Editor: Ardi Toris

BUTON, BP-Pemerintah Kabupaten Buton bakal menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi RI ke 75 Tahun 2020 dengan memakai masker merah putih. Pemkab Buton akan memberikan masker tersebut secara gratis kepada peserta upacara yang rencananya akan dipusatkan di Eks Kantor Bupati Buton, Pasarwajo.

Bupati Buton La Bakry memimpin rapat persiapan HUT RI ke 75

Sebagaimana dirilis Kominfo dan Persandian Buton, Pemkab Buton melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buton bakal menyediakan 1.500 masker merah putih. Masker tersebut diperuntukan buat peserta upacara di 6 kecamatan masing-masing mendapatkan 150 masker. Sisanya akan disebar di lapangan upacara di Pasarwajo.

“Untuk menggelorakan semangat peringatan HUT Kemerdekaan RI, peserta upacara akan memakai masker merah putih. Upacara akan digelar dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Upacara akan digelar secara sederhana. Termasuk pengaturan barisan peserta upacara akan diatur sedemikian, namun tetap memperhatikan juknis pelaksanaan upacara,” kata Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi dalam rapat membahas persiapan peringatan HUT Kemerdekaan RI di Aula Kantor Bupati Buton, Takawa, Pasarwajo, Selasa, 28 Juli 2020.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Dandim 1413 Buton, Letkol inf. Arif Kurniawan, SE, M.IPol., M.Han, Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono, SH, SIK, MSi, perwakilan Ketua Pengadilan, OPD dan camat lingkup pemkab Buton turut hadir dalam rapat tersebut.

Lebih lanjut Bupati Buton menegaskan para camat untuk tetap
melaksanakan upacara peringatan HUT kemerdekaan di wilayahnya masing-masing. “Para camat tetap menggelar peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayahnya masing-masing, memasang umbul-umbul untuk tetap menggelorakan semangat kebangsaan dalam peringatan HUT kemerdekaan RI,” tegas Bupati Buton.

Selain upacara kata Bupati Buton, semua desa dan kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Buton akan dinilai dalam lomba keindahan dan kebersihan desa

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti mengatakan peringatan HUT kemerdekaan RI di masa pandemi Covid 19 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat kondisi yang dihadapi saat ini sedang memasuki masa new normal. Sehingga ada aturan yang harus diikuti pada saat pelaksanaan kegiatan HUT Kemerdekaan RI. Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan tetap harus dipatuhi oleh peserta upacara. “Untuk itu panitia harus mengatur seketat mungkin para peserta upacara,” katanya.

Hal senada dikatakan Dandim 1413 Buton, Letkol inf. Arif Kurniawan, SE, M.IPol., M.Han, Pihaknya menegaskan untuk tetap memperhatikan protocol kesehatan. “Kendati demikian, hal ini tidak akan mengurangi semangat, motivasi dan hikmah yang mencerminkan sikap cinta tanah air,” katanya.

Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono, SH, SIK, MSi, mengatakan dalam perayaan peringatan HUT kemerdekaan pihak Polres Buton akan menggelar lomba kampung tangguh Nusantara. “Semua kecamatan di Kabupaten Buton telah dibentuk kampung tangguh. Untuk menggairahkan dan menggelorakan semangat kebangsaan salah satu yang digelar Polres Buton adalah menggelar Lomba Kampung Tangguh,” katanya sambil mengingatkan kembali protocol kesehatan dalam peringatan HUT kemerdekaan nantinya.

By admin

Pin It on Pinterest