BAUBAU, BP- Kelurahan Kampeonaho pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun ini memprogramkan rehabilitasi bak penampungan air yang berada di Kampeonaho. Program ini akan direalisasi tahun depan.

“Pembangunan pengembangan sarana dibidang air bersih rehabilitasi bak penampung di mata air waini yang merupakan program musrenbang tahun ini,” ungkap Lurah Kampeonaho Drs I Wayan Kawiyana MSi.

Masyarakat di wilayah Kampeonaho kebanyakan menggunakan pipa air swadaya masyarakat atau sering disebut air kampung. Sudah sejak lama masyarakat kampeonaho menggunakan air kampung, nantinya selain rehabilitasi bak penampung akan dibuat juga pengadaan tandon air yang direncanakan ukurannya 4×4 meter.

“Untuk pemabayaran tiap bulannya seharga Rp 10000 per rumah, air kampung ini tidak mengalami keruh baik pada saat musim penghujan dan selalu bersih,” jelasnya saat ditemui, Rabu (26/02).

Mata air Waini berada di atas gunung sehingga nanti harus menggunakan alternatif jalan kaki untuk menuju ke sumber air tersebut. (#)

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest