Peliput: Darson

BURANGA,Sebanyak 2061 warga dari keluarga yang tergolong sangat miskin di Kabupaten Buton Utara (Butur) mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan tersebut melalui program keluarga harapan (PKH).
PPKH ialah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan.
Program ini melalui Kementerian Sosial yang bertujuan mengurangi beban RTSM dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan.
Di Butur sendiri, PKH mulai masuk sejak 2015 lalu. Kemudian dilakukan verifikasi ulang pada bulan Januari 2016. Kini, mulai direalisasi oleh Kementerian Sosial.
“Bantuan dari Kemensos ini berupa uang tunai diserahkan kepada keluarga sangat miskin bagi ibu hamil, anak sekolah SD, SMP dan SMA, yang sudah melalui verifikasi pusat,”ungkap kepala Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Butur Hamalin melalui kepala Bidang Sosial Samadin saat ditemui ruang kerjanya Rabu (2/11)
Dijelaskannya, dana yang diperuntukan bagi keluarga miskin itu bervariasi. Misalnya, ibu hamil dapat satu juta, kemudian ada anaknya di SD empat ratus ribu rupiah, SMP tujuh ratus lima puluh rupiah, dan SMA satu juta rupiah, ditambah iuran tetap lima ratus ribu rupiah dibagi empat.
Dari jumlah itu diterima dalam satu tahun. Namun dibagi menjadi tiga kali pembagian atau per triwulan melalui kantor pos Butur. Kemudian, proses realisasinya melalui pendampingan di tiap kecamatan. Pendamping ini ditempatkan masing-masing satu orang per kecamatan. Selain itu, ada namanya operator dan koordinator wilayah yang berasal dari Dinas Sosial itu sendiri.(***)

Pin It on Pinterest