Peliput: Alan

LABUNGKARI, BP – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan menggelar pelantikan calon kepala desa terpilih secara serentak di desa Gumanano Kecamatan Mawasangka pada 29 Desember mendatang.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Sekretaris Daerah (Setda) Buteng, Ismail Rewa saat dikonfirmasi pada Rabu (27/12) mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bupati dan pelantikan kepala desa serentak pertama ini akan dilakukan di pantai mutiara desa Gumanano.

“Semua bahan terkait dengan pelantikan sudah terpenuhi dan tetap dilaksanakan secara serentak seluruh 16 kepala desa terpilih,” tutur Ismail.

Pelantikan kali ini cukup menarik, lanjut Ismail, pasalnya pelantikan diadakan di salah satu objek wisata Buton Tengah dengan tujuan untuk memperkuat daya tarik agar orang orang dapat berkunjung ke tempat tersebut.

“Pak Bupati sengaja membawa ke tempat pantai mutiara tersebut karena objek wisata tersebut wajib untuk dikembangkan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik tersendiri,” imbuhnya.

Selain itu, Ismail membeberkan bahwa anggaran pelantikan ini akan diusahakan oleh pemerintah daerah sendiri karena anggaran pelantikan tersebut tidak melakat pada anggaran pemilihan dan perhitungan suara yang digelar pada bulan lalu.

“Insya Allah pemerintah daerah akan membantu untuk anggaran pelantikannya tapi juga akan ada sumbangsi dari para kepala desa terpilih seperti makan dan minumnya,” tutup Ismail

Untuk diketahui berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Baubau Post, 16 nama-nama yang memenangkan pertarungan dan akan dilantik kedepan yakni, Kecamatan Gu, Desa Bantea yakni La Udi, Desa Kolowa, Yasman. Kecamatan Sangia Wambulu, Desa Baruta yakni Bakir, Desa Baruta Analalaki, Saharia. Kecamatan Lakudo, Desa Lolibu yakni Sahrul Asmi, Desa Matawine, Irwan, Desa Waara, H. Samsul Zinu. Kecamatan Mawasangka Timur yakni, Desa Batubanawa,
Zaibudin, Desa Wantopi La Ogo, Desa Bungi, Nuzula, Kacamatan Mawasangka Tengah, Desa Langkomu, Mardin, Desa Lalibo, Awaluddin dan Desa Watorumbe Dahlan dan Terakhir Kecamatan Mawasangka yakni Desa Oengkolaki, La Daheru, Desa Kancebungi, Sahiruddin dan Desa Matara, Abidin.(*)

Pin It on Pinterest