Peliput: Prasetio M Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Sebanyak 399 nelayan di Kecamatan Kokalukuna menerima kartu asuransi jaminan keselamatan dan kesehatan. Penyerahannya langsung oleh Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH di aula Kecamatan Kokalukuna, Senin (15/01).

Walikota Baubau DR H AS Tamrin dalam sambutannya mengatakan, untuk memastikan kartu asuransi tepat sasaran, maka dirinya menyerahkan langsung. Menurutnya, kartu ini sangat penting karena risiko pekerjaan nelayan cukup tinggi.

“Jika suatu musibah terjadi kepada nelayan, maka dapat diajukan klaim untuk mendapatkan santunan dari pemerintah,” katanya.

Dikatakan, kartu asuransi diadakan karena berdasarkan pengalaman terdahulu. Nelayan dalam mencari nafkah di laut cukup rentan dengan musibah sehingga pemerintah sudah menjalankan suatu sistem untuk melindungi masyarakatnya.

“Dengan asuransi ini kita terlindungi, karena sudah ada jaminan dari pemerintah” kata AS Tamrin.

AS Tamrin menyebutkan, selama masa periode dirinya menjabat, sudah banyak program yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Beberapa yang telah terealisasi diantaranya, pembangunan jalan, bedah rumah, pemberian kartu indonesia sehat, kartu pintar, sambungan air gratis kepada masyarakat, juga pemberian asuransi kepada nelayan Kota Baubau.

“Inilah bentuk pemerintah yang selalu memperhatikan masyarakat kecilnya, dan kali ini nelayan,” ujarnya.

Kabid pengembangan usaha perikanan Hj Nurmin SP menambahkan, jumlah keseluruhan pembagian kartu asurasi nelayan kepada masyarakat Kokalukuna sebesar 585. Namun yang telah dibagi untuk kelurahan Kadolomoko, Waruruma dan Lakologou berjumlah 339. Sementara untuk Kelurahan Sukanaeo dan Matanaeo akan diberikan hari ini. Untuk musibah yang dapat diklaim seperti, kematian, kecelakaan dan pengobatan di rumah sakit.

“Kalau kecelakaan di laut dan mengalami kematian akan mendapatkan santunan Rp 200 juta, kalau kecelakaan di darat dan mengalami kematian, santunanya Rp 160 juta, kecelakaan yang mengakibatkan cacat Rp 100 juta sementara klaim untuk sakit dan masuk rumah sakit hanya sebatas Rp 20 juta maksimal,” jelasnya.

Sejauh ini, untuk kartu asuransi yang akan disebar di Kota Baubau berjumlah 1904. Syarat untuk mendapatkan asuransi nelayan harus memiliki kartu nelayan yang juga tercantum dalam KTP berprofesi sebagai nelayan. Umur yang berhak mendapatkan asuransi nelayan yaitu batas minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. (*)

Pin It on Pinterest