BAUBAU, BP- Sebanyak 368 penumpang KM Lambelu turun di Pelabuhan Murhum Baubau sekitar pukul 05.30 Wita, Senin pagi (06/04). Seluruhnya dipastikan aman dari paparan Covid-19.

Diberitakan sebelumnya, terdapat empat penumpang tujuan Nunukan yang dinyatakan positif Covid-19 yang juga menaiki KM Lambelu. Namun keempatnya dipastikan tidak singgah di Pelabuhan Murhum Baubau.

Tim kesehatan pelabuhan dibantu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau begitu ketat mendata dan memeriksa ratusan penumpang turun tersebut.

Sebelum diarahkan ke ruang sterilisasi, dan pengukuran suhu badan, penumpang diminta untuk mengisi kartu kewaspadaan yang berisikan alamat dan nomor Handphone (HP), agar mudah dilakukan pengawasan.

“Untuk penanganan penumpang turun, dibagi dalam beberapa tahap, penumpang wajib mengisi data yang harus disampaikan ke karantina kesehatan pelabuhan, setelah itu dilanjut penyemprotan terhadap barang dan orang, kemudian masuk ruang sterilisasi dengan pengecekan suhu tubuh, baru bisa keluar pelabuhan,” papar Kasi Lalu Lintas Angkatan Laut dan Pelayanan Jasa KUPP Baubau, Suparno kepada Baubau Post via WhatsApp.

Berdasarkan data PT Pelni Cabang Baubau, penumpang turun yang terdaftar berjumlah 368 orang, dan penumpang lanjutan berjumlah 262 orang.

“Data itukan berkembang, setelah saya cek tadi malam begitu,” ungkap Kepala Pelni Cabang Baubau Akhmad Sadikin saat dikonfirmadi via telepon.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest