Peliput: Risnawati — Editor: Ardi Toris

SULTRA, BP – Konawe Utara adalah sasaran penyebaran Bantuan Sembako Gubernur Sultra. Wilayah, yang pada 2019 silam, paling parah terkena bencana alam banjir ini, kini harus kembali menyiagakan diri. Sementara dampak pandemi Covid belum juga usai, kini potensi banjir besar seperti setahun lalu itu mengintai ribuan warga di sana.

Lima lokasi hunian sementara yang disiapkan Pemerintah Daerah Konawe Utara (Konut) kini berada di lima kecamatan yaitu Andowia, Labungga, Puuwonua, Laronanga, dan Puusuli; yang dipenuhi 400 kepala keluarga (KK), sampai kelak pihak pemerintah daerah usai menyiapkan hunian tetap bagi mereka di area baru.

Ibu Agista Ariany Ali Mazi saat menyerahkan bantuan

Bersama relawan The Agista Foundation dan KONI Sultra, Ibu Agista Ariany Ali Mazi mengunjungi hunian-hunian sementara tersebut, Kamis (02/07)kemarin. Hunian sementara di Andowia ini tercatat ditinggali 20 kepala keluarga di “rumah” non-permanen yang dibangun membanjar. Kondisinya bersih dan terawat baik. Kedatangan Ibu Agista Ariany ini ditemui langsung Bupati Ruksamin dan Camat Andowia Hasrat Hasan.

Dalam kunjungan sosial ini, Ibu Agista Ariany membawa serta dua ribuan paket yang akan dibagikan kepada warga terdampak di lima hunian sementara di lima kecamatan tersebut.

Bantuan itu terdiri dari 1.000 karung beras premium ukuran 5 Kg, 100 karung beras premium ukuran 10 Kg, 575 paket sembako berisi 10 jenis bahan pokok, dan 50 doz bahan makanan siap saji. Bantuan ini diangkut sejumlah truk dari TNI (Batalyon Infanteri 725 Woroagi), BPBD Sultra, dan Satpol PP Pemprov Sultra.

Karena rintangan medan yang cukup sulit, bantuan ini akhirnya diserahkan secara simbolik di dua titik, yakni titik pertama di Kecamatan Andowia (huntara Andowia, Laburangga, dan Puuwonua untuk 209 KK); dan titik kedua di Kecamatan Laronanga (huntara Laronanga dan Puusuli untuk 182 KK).

Bupati Konut Ruksamin dan Camat Andowia Hasrat Hasan, menjamin bantuan pangan tersebut akan tiba langsung ke setiap warga yang telah terdata. Seusai penyerahan sembako, rombongan Ibu Agista Ariany, relawan The Agista Faoundation, dan KONI Sultra, bersilaturahmi ke Rujab Bupati Konawe Utara.

Kedatangan Ibu Agista Ariany ini tidak saja mengantarkan kegembiraan bagi warga tersampak di hunian sementara, tetapi juga mendorong semangat agar warga tidak berhenti berjuang dan berharap yang terbaik kepada pemerintah daerah untuk dapat secepatnya dan setepatnya mengatasi kondisi sulit tersebut. Warga menerima Ibu Agista Ariany dengan penuh kehangatan.

Ibu Agista Ariany juga membagikan masker kepada semua warga hunian sementara dan warga yang sempat datang menyambut rombongan.

Ibu Agista Ariany juga membawa pesan Gubernur Sultra Ali Mazi, agar warga selalu berpikir positif, berikhtiar, berusaha bersama pemkab, dan berdoa. Bencana ini, pandemi covid dan banjir, insya Allah cepat teratasi. [*]

Pin It on Pinterest