• Hut Kolut ke-16

KENDARI, BP- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH bersama istri Agista Ariyani Ali Mazi, turut hadir pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) ke-16, sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) yang diselenggarakan di Lapangan Aspirasi Kantor Bupati Kolut, kemarin Selasa, (07/01).

Di Hadiri Sejumlah Pimpinan OPD Pemprov Sultra Ali Mazi sangat mengapresiasi perkembangan Kolut yang semakin pesat.

“ Kolaka Utara yang begitu jauh dari pusat ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, perjalanannya bahkan kurang lebih delapan jam perjalanan, untuk itu saya mengapresiasi dengan terbangunnya bandara udara dikabupaten kolaka utara,” ujar Ali Mazi dalam sambutannya.

Dikatakan, saat ini Kolut telah menjadi Kabupaten, ia mengingat betul awal pemekarannya, dimana pada waktu itu diperiode pertamanya ia berjuang bersama sejumlah pihak yang menghibahkan tanah untuk dibangunnya kantor dan segala prasarana lainnya mendukung pemekaran.

“ Itulah sesungguhnya tujuan dari pada pemekaran Kolaka Utara dari kecamatan menjadi kabupaten, dengan kalau kita melihat sejarah yang baru tadi dibacakan, seolah-olah pemekaran kabupaten ini mudah, sesungguhnya tidak semudah yang kita dengarkan tadi, pemekaran Kolaka Utara ini dengan keikhlasan beberapa tokoh pada waktu itu, yang mau memberikan hibah tanahnya untuk kantor dan segala prasarana lain, itu seorang mantan tentara TNI Jafar Harun, pada waktu itu dibantu dengan anggota DPRD dari Kolaka merekalah yang berjuang bersama saya (gubernur) pada waktu itu,” ujarnya pula.

Selain mengapresiasi pembangunan bandara baru Ali Mazi, juga berharap Bupati Kolut agar pembangunan disegala bidang dapat dikembangkan bersama dengan visi misi Sulawesi Tenggara nantinya, khususnya di bidang pertanian Kakao.

“ Alhamdullilah hari ini diusia enam belas tahun, usia sudah mulai dewasa mudah-mudahan pembangunan segala bidang untuk kolaka utara, khususnya revitalisasi tentang kakao. Ini saya sangat harapkan selalu ditingkatkan, oleh karena itu saya telah berbincang dengan bupati Kolaka Utara untuk melakukan segera merevitalisasi kakao yang ada di Kolaka Utara ini dan mungkin nanti kita akan memberi keyakinan kepada mentri yang baru, untuk dapat juga membangun semacam home-home industri pembuatan coklat ibu-ibu rumah tangga,” jelasnya.

Dalam kunjungan Ali Mazi juga meresmikan Gedung kantor Bupati Kolut yang baru, selain mencoba tangga eskalator, ia juga menyempatkan diri berselfie dibalkon kantor dan mengunjungi Pesta Rakyat dan Area Lahan Bandar Udara Baru.

Peliput :Risnawati

Pin It on Pinterest